View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Agronomy and Horticulture
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Agronomy and Horticulture
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis preferensi dan pola konsumsi kecap rumah tangga : Studi kasus di Kota Cirebon

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (18.02Mb)
      Date
      2004
      Author
      Sefiyansyah
      Gonarsyah, Isang
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Bagi kota Cirebon, keberadaan industri kecap cukup berarti peranannya. Selain dapat memenuhi kebutuhan akan produk kecap dengan harga yang lebih murah, juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi pengangguran. Oleh karena itu perlu adanya perhatian pemerintah daerah agar industri ini dapat tetap bertahan dan mampu bersaing dengan industri kecap nasional yang memasuki pasar kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis prefrensi konsumen rumah tangga dalam memilih dan mengonsumsi kecap yang diinginkan; (2) Menganalisis pola konsumsi kecap rumah tangga. Penelitian lapangan dilakukan di lima kecamatan di kota Cirebon selama kurang lebih dua bulan (Juli-Agustus 2004). Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi logistik, metode regresi linear berganda, uji Chi-square, metode pengurutan prioritas atribut, dan metode analisis deskriptif dengan bantuan tabulasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, responden yang mengonsumsi kecap dibagi menjadi dua bagian yaitu responden yang mengonsumsi kecap manis (92%) dan responden yang mengonsumsi kecap asin (8%). Pemanfaatan kecap manis yaitu sebagai bahan tambahan dalam memasak, sebagai pelengkap menu makanan di meja makan, dan yang terakhir adalah sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat dekat. Responden yang mengonsumsi kecap manis lebih banyak melakukan pembelian di warung-warung terdekat (54,35%). Jika responden tidak menemukan merek kecap yang biasa dibeli maka tindakan yang dilakukan oleh responden adalah membeli merek lain (51,45%). Sebagian besar responden memperoleh informasi kecap manis berasal dari toko atau warung (47,10%). Sedangkan ukuran volume yang biasa dibeli oleh responden adalah kecap dengan ukuran lebih dari 500ml (55,07%). Responden yang mengonsumsi kecap asin tidak jauh berbeda dengan kecap manis. Namun responden yang mengonsumsi kecap asin lebih loyal terhadap merek kecap yang dipilihnya. ...
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134590
      Collections
      • UT - Agronomy and Horticulture [7620]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository