Analisis usaha tani dan pemasaran buah-buahan unggulan di Kabupaten Serang
View/ Open
Date
2004Author
Prestiani, Ine
Firdaus, Muhammad
Tinaprilla, Netti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pendapatan uasahatani durian, pisang, salak, dan rambutan di daerah Kabupaten Serang, menganalisis saluran pemasaran, struktur pasar dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan tiap lembaga pemasaran yang terlibat, sehingga ditemukan saluran pemasaran yang efisien, mengukur marjin pemasaran yang diterima oleh masing- masing lembaga pemasaran. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis permasalahan usahatani buah-buahan di Kabupaten Serang pada masing-masing daerah sentra produksi empat buah-buahan tersebut dan sistem pemasarannya.
Pendapatan usahatani diukur dengan penerimaan yang dinilai dari total nilai produk yang dihasilkan dan alokasi biaya-biaya usahatani yang meliputi biaya untuk sarana produksi yang habis terpakai, biaya alat produksi dan biaya tenaga kerja. Pemasaran buah-buahan diukur dengan menganalisis saluran pemasaran, struktur pasar, fungsi- fungsi pemasaran dan marjin pemasaran. Kemudian, penentuan saluran pemasaran yang paling efisien dilakukan dengan cara menghitung farmer's share setiap saluran pemasaran.