Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhayati, Popong
dc.contributor.advisorFahrudin, Achmad
dc.contributor.authorMahardhika, Diky
dc.date.accessioned2023-12-20T07:03:02Z
dc.date.available2023-12-20T07:03:02Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133132
dc.description.abstractPangsa pasar ikan hias Indonesia di dunia saat ini sebesar 7,5 persen, lebih kecil dibandingkan dengan pasar Singapura yang mencapai 22,8 persen, sedangkan potensi ikan hias Indonesia jauh melebihi negara tetangga tersebut (Pasaribu 2004). Perusahaan-perusahaan pengekspor ikan hias di tanah air dapat menjawab peluang yang ada melalui pemanfaatan suatu teknologi informasi. Media informasi yang dapat digunakan adalah jaringan internet yang cakupannya bersifat global. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha ekspor ikan hias guna mengembangkan jaringan pemasaran. Eksportir dapat melakukan promosi pemasaran untuk produknya melalui media internet. Pengguna internet di dunia sampai dengan 23 juli 2005 diperkirakan berjumlah 938.710.929 orang atau meningkat sebesar 280,5% dari tahun 2000, dimana dengan menjadikan besarnya pengguna internet tersebut sebagai sasaran pemasaran dapat meningkatkan peluang pasar bagi perusahaan. Studi ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kondisi pemasaran yang ada di perusahaan berdasarkan strategi bauran promosi yang digunakan oleh perusahaan. (2) Menjelaskan promosi melalui media internet dengan merancang sistem informasi pemasaran. (3) Menerangkan manfaat tambahan yang diberikan atas sistem informasi pemasaran yang dirancang. Hasil studi ini menunjukan bahwa : (1) Berdasarkan fungsi alat-alat promosi maupun analisis terhadap faktor-faktor dalam bauran promosi, bentuk promosi yang digunakan CV Banyu Biru terdapat kekurangan., dan kelebihan dari sistem informasi pemasaran ikan hias dengan media internet (online) dapat dijadikan alternatif untuk menutupi kekurangan yang ada. (2) CV Banyu Biru dapat melakukan promosi dengan media internet diantaranya melalui merancang bangun sistem informasi pemasaran yang disesuaikan dengan fasilitas yang ada di CBN sebagai provider. (3) Manfaat tambahan sistem bagi perusahaan yaitu: dapat menutupi kekurangan fungsi alat promosi yang lainnya, penyesuaian yang cepat dengan kondisi pasar, biaya yang lebih rendah, pemupukan hubungan, dan pengukuran besar pemirsa.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.titlePerancangan sistem informasi pemasaran ikan hias dengan media internet pada CV. Banyu Biru Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordsistem informasiid
dc.subject.keywordpemasaran ikanid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record