Analisis permintaan dan surplus konsumen pengunjung taman Margasatwa Ragunan dengan metode penilaian kontgensi
Abstract
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sumber daya fauna yang sangat beragam sehingga menduduki peringkat ketiga di dunia. Setiap pulau di Indonesia memiliki keanekaragaman satwa yang berbeda-beda. Terkait dengan kekayaan sumberdaya hayati fauna yang dimiliki bangsa Indonesia, dunia satwa memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik dan lebih edukatif. Salah satu objek wisata yang memanfaatkan satwa sebagai objek utamanya adalah Taman Margasatwa Ragunan (TMR).
Taman Margasatwa Ragunan sebagai tempat wisata merupakan barang publik yang memiliki manfaat intangible. Cara untuk mencari gambaran atas kompensasi pemanfaatan barang publik tersebut adalah dengan menjadikan barang publik sebagai barang privat yang bisa ditetapkan harganya, salah satu cara menetapkan harga adalah dengan menggunakan metode penilaian kontingensi (willingness to pay).
Collections
- UT - Agribusiness [4532]