Show simple item record

dc.contributor.advisorDinarwan
dc.contributor.advisorFarmayanti, Narni
dc.contributor.authorOktava, Dani
dc.date.accessioned2023-12-18T06:50:56Z
dc.date.available2023-12-18T06:50:56Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132920
dc.description.abstractTaman Akuarium Air Tawar (TAAT), Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu wisata tirta yang menghadirkan berbagai jenis biota khususnya ikan air tawar yang disajikan dalam bentuk akuarium tertutup maupun dalam bentuk kolam dengan miniatur lingkungan ekosistemnya. Dalam perjalanannya Taman Akuarium Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah harus menghadapi persaingan dengan unit-unit wisata lain yang terdapat di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, maupun taman wisata sejenis di luar kompleks Taman Mini Indonesia Indah seperti Seaworld di Taman Impian Jaya Ancol. Salah satu strategi dalam menghadapi persaingan tersebut sekaligus dalam meningkatkan pertumbuhan dan mencapai tujuan perusahaan adalah strategi pengembangan produk. Strategi tersebut dapat dengan mengembangkan produk yang benar-benar baru atau dengan memperbaiki produk yang sudah ada. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan konsep manajemen strategis dalam merumuskan alternatif strategi yang terdiri dari tiga tahapan : Pada tahap masukan, dilakukan eksplorasi informasi terhadap faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal organisasi dengan kerangka perumusan yang terdiri dari matriks IFE dan EFE. Pada tahap pencocokan, dilakukan pemaduan antara sumberdaya dan kemampuan internal dengan faktor-faktor eksternal, alat analisis yang digunakan pada tahap ini adalah matriks SWOT hingga dihasilkan beberapa alternatif strategi. Pada tahap keputusan, penentuan prioritas strategi diputuskan dari hasil penjumlahan skor variabel kunci pada matriks SWOT yang saling berkaitan pada setiap alternatif strategi. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal, diketahui pada lingkungan internal Taman Akuarium Air Tawar (TAAT), Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terdapat 16 faktor strategis yang terdiri dari 9 faktor berupa kekuatan dan 7 faktor berupa kelemahan. Pada lingkungan eksternal terdapat 10 faktor strategis yang terdiri dari 6 faktor berupa peluang dan 4 faktor berupa ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT maka didapatkan 3 prioritas strategi utama, yaitu: Melakukan penambahan koleksi biota yang lebih variatif untuk lebih menarik pengunjung, pengembangan atraksi dan acara wisata untuk lebih menarik pengunjung, melakukan program khusus bagi rombongan pelajar yang lebih baik dan menarik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.titleKajian strategi pengembangan produk pada taman akuarium air tawar, Taman Mini Indonesia Indah, Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordtaman akuariumid
dc.subject.keywordstrategi pengembanganid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record