Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Jabodetabek dalam Berdonasi Online melalui Platform Digital
Date
2023Author
Nantiah, Santi Putri Fri
Hasanah, Neneng
Mahanani, Yekti
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan teknologi digital mendorong kegiatan donasi online secara
efektif. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam berdonasi online dengan
menggunakan platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
karakteristik masyarakat di wilayah Jabodetabek dalam berdonasi online melalui
platform digital dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan donatur dalam
berdonasi online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
analisis deskriptif dan SEM-PLS. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden
di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan,
kepercayaan, dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
berdonasi online. Platform digital sebagai penghimpun dan penyalur donasi
disarankan untuk meningkatkan sistem keamanan dan privasi data donatur,
transparansi dan akuntabilitas, kemudahan aksesibilitas dan proses transaksi donasi,
serta kualitas layanan pelanggan dan dukungan teknis yang responsif.
Collections
- UT - Syariah Economic [472]