Pengaruh Labelisasi Halal Dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Membeli Konsumen Muslim Pada Produk Minuman Kopi Kekinian
Date
2023Author
Mubarak, Rayhan Arfi
Arsyianti, Laily Dwi
Hasanah, Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap niat membeli kopi kekinian berlabel halal di Indonesia dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) terhadap niat membeli kopi kontemporer berlabel halal di Indonesia. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang berusia minimal 20 tahun, beragama Islam dan pernah membeli serta berminat mengonsumsi produk kopi kekinian yang bersertifikat halal. dengan jumlah 110 responden dengan menggunakan purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh labelisasi halal terhadap minat beli kopi kekinian berlabel halal di Indonesia, menganalisis pengaruh bauran pemasaran (product, price, place, promotion) terhadap minat beli kopi kekinian berlabel halal di Indonesia dan menganalisis strategi apa yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat produk kopi kekinian bersertifikat halal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner online. Analisis statistik yang digunakan adalah PLS Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh label halal mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap niat membeli kopi kekinian dan menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, tempat dan promosi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap niat membeli kopi kekinian, sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan negatif. tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membeli kopi kekinian. Hal ini disebabkan kualitas pelayanan, tempat dan produk yang baik membuat konsumen tidak mempertimbangkan harga kopi saat ini.
Collections
- MT - Business [1040]