Tingkat Kebutuhan Informasi dan Tingkat Penggunaan Media Berbasis Internet Pelaku Urban Farming
Abstract
The limited number of extension agents who guide the community in
implementing urban farming encourages the community to utilize various
information sources to fulfill their information needs. The current development of
internet-based media provides easy access to urban farming information without
being limited by space and time. This research aims to analyze the relationship
between the level of information needs and the internet-based media usage level by
urban farmers. This research used censuthe s method by distributing questionnaires
to 33 members of the urban farming group in the "Buruan Sae" program in RW 02
and RW 04, Cipamokolan Village, Rancasari District, Bandung City. The research
shows that there is a relationship between the need for urban farming information
and the use of internet-based media, where the higher the need level of cultivation
information, the greater the variety of internet-based media used, the higher the
frequency of YouTube and the Ministry of Agriculture website usage, and the
higher the duration Ministry of Agriculture website and E-commerce platform
usage. In addition, the higher the need level of product processing information, the
higher the duration of Facebook usage. Keterbatasan jumlah penyuluh yang membina masyarakat dalam pelaksanaan
urban farming, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan barbagai sumber guna
memenuhi kebutuhan informasi dalam mendukung kegiatan urban farming yang
dilakukannya. Perkembangan media berbasis internet saat ini memberikan
kemudahan akses informasi urban farming tanpa terbatas ruang dan waktu. Tujuan
dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan tingkat kebutuhan informasi
dengan tingkat penggunaan media berbasis internet dalam pencarian informasi
urban farming. Penelitian ini menggunakan metode sensus dengan menyebarkan
kuesioner kepada 33 anggota kelompok urban farming pada program “Buruan Sae”
di RW 02 dan RW 04, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota
Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara
kebutuhan informasi urban farming dengan penggunaan madia berbasis internet
dimana semakin tinggi kebutuhan informasi budidaya, maka semakin banyak
ragam media berbasis internet yang digunakan, semakin tinggi frekuensi
penggunaan Youtube dan situs Kementan, serta semakin tinggi durasi penggunaan
situs Kementan dan platform E-commerce. Selain itu, semakin tinggi kebutuhan
informasi pengolahan hasil maka semakin tinggi durasi penggunaan Facebook.