Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorAminingtyas, Reni
dc.date.accessioned2023-11-15T11:45:03Z
dc.date.available2023-11-15T11:45:03Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132412
dc.description.abstractPengetahuan pengobatan tradisional dan ramuan tradisional mulai banyak dipelajari kembali sejak satu dekade terakhir ini. Sinergi antara pengalaman empiris dan penelitian ilmiah tentang khasiat herbal telah menjadi bukti kuat keberhasilan obat herbal dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap manfaat yang dikandungnya. Isu back to nature dan bahaya efek degeneratif obat sintetis telah menggeser pola ·berpikir masyarakat tentang kesehatan. Fenomena inilah yang mendorong pengobatan alternatif mulai naik daun, dan diindikasikan dengan munculnya klinik-klinik pengobatan tradisional yang sangat diminati oleh masyarakat luas. Pelayanan kesehatan dititikberatkan pada kebutuhan dan tuntutan pengguna jasa yang berkaitan dengan kepuasan pasien (client satisfaction). Tingkat preferensi masyarakat yang meningkat terhadap penggunaan jasa layanan kesehatan dengan terapi herbal dalam satu dasawarsa terakhir ini, menjadikan penelitian tentang kepuasan pelanggan terhadap kinerja unit pelayanan Kesehatan alternatif berbasis herbal sangat menarik untuk dikaji. Klinik Tradisional Mahkotadewa merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan alternatif berbasis herbal yang telah memiliki lebih dari 15.000 pelanggan dalam kurun waktu dua tahun. Agar dapat mempertahankan pelanggan dan memenangkan persaingan yang semakin kompetitif dalam dunia jasa pelayanan kesehatan, maka tuntutan akan kebutuhan dan kepuasan yang diinginkan pelanggan haruslah dikemas dalam bentuk pelayanan yang baik, sehingga loyalitas pasien terhadap klinik semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik pelanggan, (2) Menganalisis tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh terhadap atribut pelayanan yang ada pada Klinik Tradisional Mahkotadewa, (3) Menganalisis kinerja pelayanan Klinik Tradisional Mahkotadewa berdasarkan penilaian pelanggan, dan ( 4) Menganalisis hubungan antara tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan klinik dengan karakteristik pelanggan Klinik Tradisional Mahkotadewa. Penelitian dilakukan pada Klinik Tradisional Mahkotadewa di Jakarta Utara. Pemilihan lokasi diiakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Klinik Tradisional Mahkotadewa merupakan unit pelayanan Kesehatan altematif yang memiliki prospek cerah dan mulai diminati masyarakat. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Non Probability Sampling menggunakan metode Judgement Sampling. Responden yang digunakan sebagai sampel sebanyak 100 pasien. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan (1) Analisis deskriptif, dengan membuat diagram pie dan diagram batang untuk mendeskripsikan karakteristik pelanggan dan inforrnasi umum tentang pelanggan, (2) Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) atau Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menganalisis..dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcTingkat Kepuasanid
dc.subject.ddcKlinik tradisionalid
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Klinik Tradisional Mahkota Dewaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record