dc.description.abstract | Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi
penting bagi perekonomian Indonesia. Data Kementrian Koperasi dan Usaha
Kecil Menengah tahun 2009 menunjukkan bahwa sektor UMKM mampu
menyumbang PDB yang berjumlah lebih dari 2,9 triliun rupiah serta mampu
menyerap tenaga kerja lebih dari 96 juta orang. Salah satu industri kecil dan
menengah yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan adalah industri herbal.
Salah satu produk industri herbal yang sedang mengalami pertumbuhan dan
mempunyai potensi untuk dikembangkan adalah sari kurma.
CV Amal Mulia Sejahtera merupakan salah satu industri yang bergerak
dalam industri sari kurma yang terletak d Jl. Kapten Yusuf 46 Kotabatu Bogor.
Dalam kegiatan usahanya, CV Amal Mulia Sejahtera memiliki beberapa kendala
diantaranya adalah persaingan dalam industri yang semakin ketat, volume
produksi yang belum maksimal, dan kelebihan jumlah tenaga kerja. Hal tersebut
menyebabkan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan mengalami
penurunan.
Berdasarkan permasalahan yang telah diuraiakan di atas, tujuan dari
penelitian ini adalah: 1) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang
dapat digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
perusahan. 2) merekomendasikan alternatif dan prioritas strategi yang sesuai
dalam pengembangan usaha CV Amal Mulia Sejahtera. Kegiatan penelitian
dilakukan pada bulan Juli sampai bulan September 2011. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan pengisian kuesioner. Alat
analisis yang digunakan untuk merumuskan startegi dalam penelitian ini
menggunakan analisis IFE, EFE, IE, dan QSPM.
Analisis lingkungan internal dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan
dan kelemahan perusahaan, sedangkan analisis faktor eksternal untuk mengetahui
peluang dan ancaman yang terdapat pada usaha sari kurma CV Amal Mulia
Sejahtera. Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan adalah hubungan baik dengan
pemasok bahan baku, atribut pada produk telah mempunyai perizinan, memiliki
distributor yang tersebar di berbagai wilayah, melakukan promosi secara aktif,
memiliki sistem keuangan dan administrasi yang rapi, dan komunikasi antar
pemilik dan karyawan berjalan dengan baik. Kelemahan CV Amal Mulia
Sejahtera adalah terdapat rangkap jabatan penanggung jawab divisi, teknologi
yang digunakan masih semi modern, volume penjualan belum stabil, dan
kelebihan jumlah tenaga kerja.
Berdasarkan faktor eksternal CV Amal Mulia Sejahtera peluang yang
dihadapi oleh perusahaan adalah adanya dukungan dari pemerintah terhadap
perkembangan industri, berkembangnya tren gaya hidup sehat di masyarakat,
pertumbuhan penduduk, perkembangan teknologi, dan peningkatan pendapatan
masyarakat. Ancaman yang harus diwaspadai oleh perusahaan adalah hambatan
masuk perusahaan baru ke industri sari kurma kecil, perkembangan produk substitusi, kekuatan tawar menawar pembeli tergolong kuat, persaingan yang
semakin ketat, dan tingkat inflasi yang fluktuatif.
Matriks IFE CV Amal Mulia Sejahtera menunjukkan total nilai sebesar
2,933 dan total matriks EFE sebesar 3,023. Berdasarkan nilai skor pada matriks
IFE dan EFE maka posisi perusahaan pada matriks IE berada pada sel II. Pada sel
ini usaha sari kurma CV Amal Mulia Sejahtera adalah tumbuh dan kembangkan
(grow and build). Strategi yang dapat diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi
intensif atau strategi integratif.
Alternatif strategi didapatkan dari matriks SWOT dengan cara
menggunakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh
perusahaan. Alternatif strategi dari matriks SWOT kemudian dipetakan pada
matriks QSP untuk mengetahui prioritas strategi yang digunakan oleh perusahaan.
Alternatif strategi yang diperoleh yaitu: melakukan kerjasama dengan distributor
untuk membuat saluran distribusi khusus produk CV AMS, melakukan
diferensiasi dan diversifikasi produk, meningkatkan kualitas produk , memperluas
jaringan distribusi dengan melakukan pemasaran ke supermarket, melakukan
pembagian tugas yang jelas dalam manajemen perusahaan, dan melakukan
investasi peralatan yang lebih modern. Strategi yang mempunyai nilai total daya
tarik terbesar yaitu melakukan kerjasama dengan distributor untuk membuat
saluran distribusi khusus produk CV AMS sebesar 6,27. | id |