Show simple item record

dc.contributor.authorSirait, Janri Wolden Halomoan
dc.date.accessioned2010-05-05T23:33:32Z
dc.date.available2010-05-05T23:33:32Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/13202
dc.description.abstractJawa Barat merupakan sentra peternakan kambing terbesar ketiga di Indonesia. Kabupaten Bogor merupakan salah satu sentra peternakan kambing terbesar di Jawa Barat. Peternakan kambing perah memiliki peranan besar dalam mendukung kegiatan perekonomian di Kabupaten Bogor. Usaha ternak kambing di Kabupaten bogor kebanyakan diusahakan oleh rakyat. Kegiatan produksinya diutamakan untuk menghasilkan susu kambing. PT. Caprito Agrindo Prima merupakan peternakan kambing perah terbesar di Kabupaten Bogor. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan peternakan kambing yang telah terdaftar di Dinas Peternakan Kabupaten Bogor dengan jumlah populasi kambing diatas 300 ekor. PT. Caprito Agrindo Prima memiliki potensi besar dalam mengembangkan usaha peternakan kambing perah di Kabupaten Bogor. Hal ini sesuai dengan visi dan misi perusahaan untuk menjadi pelopor peternakan kambing perah bagi peternak-peternak lain di Kabupaten Bogor. Sampai saat ini visi dan misi perusahaan belum tercapai karena perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah yang berasal dari lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Sumberdaya yang tidak teroptimalkan dan fungsi pemasaran yang belum berkembang menyebabkan perusahaan berproduksi tidak sesuai dengan kapasitasnya. Selain itu, perusahaan dihadapkan pada lingkungan ekstenal yang selalu berubah dan tidak memiliki kepastian. Musim kemarau dan permintaaan konsumen yang selalu berfluktuasi merupakan faktor eksternal yang menjadi ancaman bagi perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan internal (kekuatan dan kelemahan) yang dihadapi oleh PT. Caprito Agrindo Prima, merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha bagi PT. Caprito Agrindo Prima berdasarkan faktor internal dan eksternal perusahaan, dan menentukan prioritas strategi pengembangan usaha ternak kambing perah pada PT. Caprito Agrindo Prima. Penelitian dilakukan di peternakan kambing perah PT. Caprito Agrindo Prima, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa PT. Caprito Agrindo Prima merupakan peternakan kambing perah terbesar di Kabupaten Bogor yang saat ini sedang menghadapi masalah dalam pengembangan usaha sesuai dengan kebutuhan pihak perusahaan. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu bulan Februari-April 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data Primer diperoleh melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan pihak perusahaan dan pengamatan langsung dengan objek iii penelitian. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) pusat, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, literatur terkait, dan internet. Metode analisis dan pengolahan data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Pengolahan data dengan menggunakan analisis tiga tahap formulasi strategi, yaitu tahap masukan melalui matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal Factor Evaluation (IFE), tahap pencocokan melalui matriks Internal-External (IE), dan matriks Strength-Weakness-Opportunity-Threat (SWOT), tahap keputusan melalui matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Analisis lingkungan eksternal menghasilkan enam peluang dan lima ancaman bagi perusahaan. Faktor peluang yang dimiliki perusahaaan adalah penurunan harga bahan bakar minyak (BBM), luasnya pangsa pasar yang belum dimasuki, pengelolaan limbah (kotoran) kambing menjadi produk bermanfaat, perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih mementingkan kesehatan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan teknologi informasi yang semakin pesat, dan tidak adanya produk substitusi bagi produk susu kambing. Sedangkan faktor ancaman adalah tingkat inflasi yang berfluktuasi, musim kemarau akan menurunkan produksi pakan ternak, produk susu kambing yang masih bersifat eksklusif bagi masyarakat, masuknya Bogor sebagai salah satu daerah yang dinyatakan rawan penyakit antraks, pemesanan jumlah produk sesuai kebutuhan agen. Analisis lingkungan internal menghasilkan tujuh kekuatan dan tujuh kelemahan bagi perusahaan. Faktor kekuatan yang dimiliki perusahaaan adalah tingkat loyalitas karyawan yang tinggi, pembagian tugas dan tanggungjawab karyawan yang jelas, hubungan baik dengan agen atau pembeli, keterjaminan modal dan sumber keuangan, lokasi perusahaan yang strategis, tersedianya lahan dan fasilitas yang memadai, kualitas produk yang terjamin. Sedangkan faktor kelemahan perusahaan adalah kurangnya perencanaan dalam organisasi, rendahnya tingkat pendidikan karyawan, belum memiliki divisi pemasaran, kurangnya diferensiasi produk, sulitnya persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang agen, jumlah produksi tergantung permintaan pasar, kurangnya perhatian terhadap sistem informasi. Matriks EFE menghasilkan total nilai tertimbang sebesar 3,296 dan matriks IFE sebesar 2,766. Berdasarkan informasi ini, posisi perusahaan berada pada daerah II, yaitu pada tahap tumbuh dan kembangkan sesuai dengan pemetaaan pada matriks IE. Alternatif strategi yang dapat digunakan adalah strategi intensif dan strategi integratif. Matriks SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi. Selanjutnya matriks QSP menghasilkan urutan prioritas strategi yaitu membuka agen pemasaran milik perusahaan sendiri, mencari dan memperbanyak jumlah agen baru, menambah jumlah populasi kambing untuk meningkatkan produksi susu, meningkatkan kemitraan dan menjalin kerjasama yang baik dengan pemasok pakan rumput dan dinas peternakan (penyuluh), bekerjasama dengan perusahaan pengolah, melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan saat ini dan mulai menyusun rencana serta target perusahaan ke depan, mengoptimalkan kegiatan promosi dengan mengambil alih pengelolaan website, membuka jalan untuk menjalin kerjasama baru dengan agen lama.id
dc.publisherIPB (Bogor Agriculture University)
dc.titleStrategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing Perah Pada PT. Caprito A. P Kecamatan Cariu Kabupaten Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record