dc.description.abstract | LDITP-IPB merupakan laboratorium pengujian yang mengacu pada SNI
17025 harus mengutamakan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk:
mengidentifikasi karakteristik konsumen, mengidentifikasi proses keputusan
pembelian dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen LDITP-IPB. Dalam
penelitian ini digunakan analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index dan
Importance Perpormance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan LDITP-IPB memiliki indeks kepuasan konsumen sebesar 84.55 persen
dengan kriteria sangat puas. Dari hasil metode IPA, atribut-atribut pelayanan yang
perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan konsumen LDITP-IPB yaitu:
pengujian harus dilakukan dengan tepat waktu sesuai perjanjian, kemampuan
laboratorium memberikan penjelasan atas hasil pengujian, daya tanggap dalam
menangani permintaan pengujian, kesopanan dan keramahan staff laboratorium,
dan biaya pengujian yang sesuai dan bersaing. | id |