Analisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Brownies Singkong Panggang mr.BrownCo, Darmaga, Bogor
Abstract
Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah untuk : (1) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian konsumen brownies singkong panggang mr. BrownCo, (2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen brownies singkong panggang mr. BrownCo.
Penelitian ini dilakukan di mr.BrownCo. yang berlokasi di Darmaga, Bogor. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik convinience sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 orang dengan menggunakan instrumentasi berupa kuisioner. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI).
Konsumen brownies singkong panggang mr.BrownCo didominasi oleh konsumen dari kalangan muda yang berusia 17-25 tahun yang berdomisili di Bogor, dengan jenis kelamin perempuan, belum menikah, pekerjaan sebagai mahasiswa dan pengeluaran rata-rata per bulan sebesar Rp 500.000-1.000.000.
Pada pengenalan kebutuhan, alasan konsumen mengonsumsi brownies karena sekedar ingin mencoba dengan manfaat yang mereka cari adalah sebagai makanan selingan. Pada proses pencarian informasi, konsumen memperoleh informasi mengenai brownies melalui teman/kenalan dengan hal yang penting diketahui dari sumber informasi adalah rasa brownies. Pada proses evaluasi alternatif yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli brownies adalah atribut rasa. Pada proses keputusan pembelian, cara konsumen memutuskan pembelian brownies singkong panggang mr.BrownCo adalah tergantung situasi atas inisiatif sendiri, dimana keputusan pembelian dilakukan tidak tentu kapan mereka akan melakukan pembelian brownies serta waktu konsumen melakukan pembeliannya pada sore hari. Dalam sebulan konsumen melakukan pembelian brownies singkong panggang mr.BrownCo sebanyak 1 kali. Pada proses pasca pembelian, konsumen merasa puas setelah mengkonsumsi brownies singkong panggang mr.BrownCo dan memilih untuk melakukan pembelian kembali. Namun, respon konsumen jika harga brownies singkong panggang mr.BrownCo mengalami kenaikan akan mengurangi frekuensi pembelian berikutnya.
Melalui perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) adalah sebesar 72,18 persen yang berarti konsumen puas pada brownies singkong panggang mr.BrownCo. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA), pada kuadran I terdapat atribut tekstur brownies. Pada kuadran II, terdapat atribut cita rasa brownies, aroma brownies, kehigienisan brownies, Informasi pada kemasan (kadaluarsa, label, halal, izin LPPOM, tanpa pengawet, tanpa pewarna), harga brownies yang ditawarkan, dan kemudahan dalam memperoleh brownies singkong panggang mr.BrownCo. Pada kuadran III, terdapat atribut variasi rasa brownies, variasi topping brownies, dan promosi penjualan brownies singkong panggang mr.BrownCo. Sedangkan atribut yang berada pada kuadran IV adalah kemasan brownies, ukuran brownies, nama merek brownies, dan papan nama.
Alternatif strategi bauran pemasaran yang dapat dilakukan mr.BrownCo dalam usaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain dengan meningkatkan tekstur brownies dan promosi penjualan brownies. Selain itu mr.BrownCo harus mempertahankan kinerja atribut cita rasa brownies, aroma brownies, kehigienisan brownies, informasi pada kemasan (kadaluarsa, label, halal, izin LPPOM, tanpa pengawet, tanpa pewarna), harga brownies yang ditawarkan, dan kemudahan dalam memperoleh brownies singkong panggang mr.BrownCo.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]