Analisis Strategi Pemasaran pada Restoran Roast Chicken di Kota Bogor, Jawa Barat
View/ Open
Date
2013Author
Sa'adah, Hidayatus
Asmarantaka, Ratna Winandi
Metadata
Show full item recordAbstract
Jumlah restoran di kota Bogor selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Hal ini mengakibatkan tingkat persaingan yang ada semakin tinggi. Masing-masing restoran perlu memiliki strategi agar bisnisnya tetap berkembang. Salah satu restoran yang menerapkan strategi pemasaran dalam bisnisnya adalah restoran Roast Chicken. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi strategi pemasaran yang ada di restoran Roast Chicken. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis bauran pemasaran (7P) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil evaluasi strategi bauran pemasaran tersebut, diperoleh bahwa masih terdapat beberapa variabel yang belum efektif dan belum mencapai nilai parameter yang ditentukan yaitu 66,7 persen. Variabel-variabel tersebut antara lain penetapan daftar harga, lokasi restoran, periklanan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis AHP menunjukkan bahwa pada tingkatan faktor, prioritas dititikberatkan pada penetapan daftar harga dengan bobot sebesar 0,366. Pada tingkatan aktor, pemilik memiliki peranan yang sangat berpengaruh pada restoran dengan bobot sebesar 0,577. Prioritas tujun dalam strategi pemasaran restoran Roast Chicken adalah memperluas pangsa pasar dengan bobot 0,596 dan prioritas alternatif strategi pemasaran yang dipilih adalah peningkatan promosi hubungan sosial yang mengikutsertakan pelanggan restoran Roast Chicken dengan bobot 0,280.
Collections
- UT - Agribusiness [4277]