Analisis strategi pemasaran susu UHT (Ultra High Temperature)Merek Greenfields (studi kasus pada PT Greenfields Indonesia,Jakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang telah diterapkan, menganalisis segmentasi pasar susu UHT merek Greenfields, menganalisis strategi bauran pemasaran yang tepat untuk susu UHT merek Greenfields dan menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat diterapkan PT Greenfields Indonesia untuk susu UHT merek Greenfields. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan dan wawancara langsung dengan pihak perusahaan dengan bagian pemasaran, yaitu divisi sales dan distribusi, serta divisi promosi. Kuisioner dilakukan menunjuk responden tertentu secara sengaja, dengan menetapkan manager sebagai responden dari pihak internal perusahaan dan konsumen tertentu yang mewakili dari pihak eksternal. Data sekunder diperoleh dari laporan bulanan PT. Greenfields Indonesia, Badan Pusat Statistik, dan literatur-literatur yang terkait dengan penelitian. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah terlebih dahulu untuk menyederhanakan seluruh data yang diperoleh dari kuisioner dan wawancara. Pengolahan data diperlukan untuk menterjemahkan angka-angka yang didapat dari hasil penelitian maupun untuk menjawab tujuan penelitian yaitu untuk mendapatkan prioritas strategi pemasaran. Pengolahan data untuk memilih strategi pemasaran yang diprioritaskan. Dilakukan dengan menggunakan proses hirarki analitik. Berdasarkan proses PHA, penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dan informasi untuk membuat hirarki. Setelah data hasil identifikasi terkumpul kemudian dibuat struktur hirarki atas data yang diperoleh. Kemudian dari hirarki yang dibuat disusun menjadi kuisioner yang siap diisi oleh responden untuk memberi penilaian secara obyektif. Dalam hirarki terdapat empat tingkatan, tingkat pertama berupa fokus dari masalah yang akan dipecahkan, dalam penelitian ini yang menjadi fokus adalah merumuskan strategi pemasaran susu greenfields sebagai jawaban untuk pemecahan masalah yang dihadapi.
Tingkat kedua yaitu penetapan sasaran, dalam penelitian ini sasaran yang ditetapkan meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi perumusan strategi pemasaran susu Greenfields. Faktor-faktor tersebut kemudian dipilih berdasarkan prioritasnya, untuk menentukan faktor apa yang paling berpengaruh. Pada tingkat kedua, ada faktor dari eksternal yang harus dipertimbangkan perusahaan, yaitu mengenai persepsi konsumen dalam melakukan pembelian. Hal ini penting dilakukan agar rumusan strategi yang dihasilkan tepat. Tingkat ketiga adalah alternatif strategi dari bauran pemasaran, meliputi strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi. Pada tingkatan ini akan dianalisis strategi yang menjadi prioritas untuk diterapkan. Tingkat keempat adalah alternatif strategi taktik yang merupakan taktik yang dapat diimplementasikan sebagai strategi terpilih yang menjadi prioritas. Strategi pemasaran yang sudah diterapkan oleh PT Greenfields Indonesia adalah kombinasi dari strategi bauran pemasaran. Strategi produk yang dijalankan adalah mempertahankan rasa susu murni tanpa penambahan rasa lain, ukuran kemasan satu liter per kemasan dengan tujuan untuk konsumen rumah tangga, merubah logo tetapi tidak merubah merek ,menjaga kualitas yang sudah ada. Strategi harga yang diterapkan adalah penetapan harga tinggi diatas pesaing, pemberian diskon di beberapa supermarket dengan jangkawaktu yang singkat, pemberian potongan harga khusus hanya pada konsumen yang membeli produk dalam jumlah banyak sekaligus, sistem pembayaran yang fleksibel.strategi promosi yang sudah dijalankan adalah Aktifitas periklanan yang tidak gencar dan tidak terus-menerus hanya di media lokal, promosi penjualan yang dilakukan dengan memberikan hadiah pada setiap pembelian produk, melakukan promosi melalui penjualan langsung oleh tenaga penjualan dan sales promotion girl (SPG), melakukan pameran dan event. Strategi distribusi yang sudah diterapkan adalah bekerjasama dengan PT So Good Food sebagai mitra distribusi yang sudah mempunyai jaringan distribusi dan lokasi gudang yang baik. Segmentasi pasar susu UHT merek Greenfields adalah dibeli oleh ibu-ibu muda dengan usia antara 36 – 45 tahun, dengan latar belakang pendidikan tinggi (sarjana) dan bekerja sebagai pegawai swasta. Sebagian besar sudah memiliki anak 1- 3 orang, dengan rata-rata pengeluaran sebesar Rp.1.000.000,- sampai dengan Rp.2.000.000,-. Segmentasi pasar susu UHT merek Greenfields adalah untuk konsumen yang berada di kota-kota besar. Dengan mengetahui informasi mengenai susu UHT merek Greenfields dari relasi, teman saudara atau keluarga. Supermarket / Hypermarket adalah tempat yang banyak dikunjungi untuk membeli dengan alasan sekaligus membeli saat berbelanja. Rata-rata susu UHT merek Greenfields diminum setiap hari oleh semua anggota keluarga. Konsumen selalu merencanakan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian dengan inisiatif dari diri sendiri.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) dapat diketahui bahwa prioritas menyeluruh menempatkan sasaran peningkatan penjualan diurutan pertama. Sasaran prioritas kedua adalah peningkatan keuntungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis terhadap prioritas strategi bauran pemasaran yang akan dijalankan, strategi promosi menempati prioritas pertama dengan taktik strategi melakukan aktifitas periklanan di televisi dan promosi penjualan dengan memberikah hadiah yang menarik setiap pembelian produk. Prioritas kedua adalah strategi distribusi dengan menerapkan taktik menambah jumlah persediaan produk di gudang serta menambah sarana transportasi. Prioritas ketiga adalah strategi harga yaitu dengan taktik melakukan penyesuaian harga dan menetapkan harga bersaing selain itu juga memberikan potongan harga khusus pada pelanggan reseler. Prioritas terakhir adalah strategi produk dengan taktik meningkatkan kualitas produk untuk memastikan kualitas produk yang diterima konsumen dalam kondisi baik. Selain itu juga perlu dipertimbangkan untuk segera memproduksi susu UHT merek Greenfields dengan kemasan yang praktis dengan ukuran isi untuk satu kali konsumsi. Prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk PT Greenfields Indonesia dalam memasarkan susu UHT merek Greenfields adalah strategi promosi dengan taktik melakukan aktifitas periklanan di media televisi, diikuti denag strategi distribusi dengan menambah jumlah persediaan produk di gudang. Strategi harga yang harus diterapkan adalah dengan menetapkan harga bersaing dan strategi produk dengan taktik meningkatkan kualitas produk.
Collections
- UT - Agribusiness [4614]