Strategi Pengembangan Usaha Ayam Geprek Bang Otot di Kota Tangerang Selatan
Abstract
Ayam Geprek Bang Otot merupakan salah satu restoran penyedia makanan cepat
saji di Kota Tangerang Selatan. Dibutuhkan strategi pengembangan yang tepat agar
Ayam Geprek Bang Otot dapat bersaing dengan restoran lainnya. Tujuan penelitian
ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk
Ayam Geprek Bang Otot. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif dan analisis tiga tahap. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT,
dan matriks QSP. Hasil dari matriks IE menunjukkan Ayam Geprek Bang Otot
berada dalam sel V, yaitu tahap hold and maintain. Berdasarkan hasil analisis
SWOT, terdapat enam alternatif strategi yaitu melakukan pengembangan produk,
promosi lewat food delivery apps, mengoptimalkan kegiatan pemasaran ,
mengurangi jumlah menu yang kurang diminati konsumen, menjaga harga dan
kualitas produk, serta meningkatkan kualitas SDM. Dari hasil analisis matriks QSP,
alternatif strategi yang direkomendasikan adalah melakukan pengembangan
produk.
Collections
- UT - Agribusiness [4770]
