Show simple item record

dc.contributor.advisorYusalina
dc.contributor.authorNainggolan, Evan R.
dc.date.accessioned2023-11-09T06:14:02Z
dc.date.available2023-11-09T06:14:02Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131407
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh PT Istana Alam Dewi Tara dan menyusun konsep prioritas strategi bauran pemasaran yang lebih terstruktur untuk dijalankan oleh PT Istana Alam Dewi Tara dalam memasarkan komoditas tanaman hias Adenium. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi manajemen PT Istana Alam Dewi Tara dalam menerapkan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuannya. Metode pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Proses Hirarki Analitik (PHA). Penelitian ini diawali dengan pengumpulan dan informasi melalui wawancara dengan pihak manajemen PT Istana Alam Dewi Tara. Berdasarkan data dan informasi yang terkumpul, disusun struktur hirarki. Struktur hirarki yang telah disusun menjadi dasar untuk pembuatan kuisioner yang diberikan kepada responden. Data hasil kuisioner yang diperoleh dari responden diolah secara horizontal dan vertikal dengan menggunakan program Microsoft Office Excel 2007. Tujuan dari pengolahan ini untuk memperoleh bobot prioritas bauran pemasaran secara menyeluruh terhadap fokus atau tujuan dari pemasaran. Kemudian dilakukan analisis secara deskriptif terhadap prioritas strategi pemasaran yang dihasilkan. Kegiatan strategi bauran pemasaran Adenium yang telah dilakukan PT Istana Alam Dewi Tara saat ini adalah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi) dan promotion (promosi). Strategi produk yang diterapkan oleh PT Istana Alam Dewi Tara terdiri dari kualitas produk, jenis produk, ukuran produk dan kemasan produk. Hal tersebut dilakukan PT Istana Alam Dewi Tara untuk menghasilkan produk Adenium yang dapat memenuhi kebutuhan konsumennya. Strategi harga yang diterapkan oleh PT Istana Alam Dewi Tara adalah menetapkan harga dibawah harga pesaing utama dan melakukan pemotongan harga. Penetapan harga tersebut dilakukan PT Istana Alam Dewi Tara agar dapat menarik minat konsumen. Strategi distribusi yang diterapkan oleh PT Istana Alam Dewi Tara adalah distribusi secara langsung. Sedangkan strategi promosi yang dijalankan adalah melalui kegiatan pameran tahunan, website dan majalah. Berdasarkan hasil analisis prioritas bauran pemasaran dengan menggunakan metode Proses Hirarki Analitik, maka didapatkan prioritas elemenelemen secara menyeluruh terhadap fokus atau tujuan. Pada elemen tujuan pemasaran, tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan menjadi prioritas pertama dengan bobot sebesar 0,47, tujuan meningkatkan penjualan prioritas kedua dengan bobot sebesar 0,40 dan tujuan memperluas pasar pemasaran menempati prioritas ketiga dengan bobot 0,13. Hasil pengolahan vertikal elemen bauran pemasaran tanaman hias Adenium PT Istana Alam Dewi Tara menunjukkan bahwa strategi produk menempati prioritas utama dengan bobot 0,34. Strategi operasional utama untuk strategi produk adalah kualitas produk dengan bobot 0,55. Strategi distribusi menempati prioritas kedua dengan bobot 0,24, dengan strategi operasional utamanya adalah distribusi secara langsung. Strategi promosi menempati prioritas ketiga dengan bobot 0,23 dengan strategi operasional utamanya adalah pemeran tahunan. Sedangkan prioritas keempat dari elemen bauran pemasaran Adenium PT Istana Alam Dewi Tara adalah strategi harga dengan bobot 0,19, dengan strategi operasional utamanya harga dibawah harga pesaing utama.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.titleAnalisis strategi pemasaran Tanaman Hias Adenium pada PT Istana Alam Dewi Tara, Sawangan, Depok, Jawa Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordPT Istana alam dewi taraid
dc.subject.keywordMarketing strategyid
dc.subject.keywordAnalitical hierarchy processid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record