Analisis Proses Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Kosmetik Bebahan Dasar Rumput Laut Merek Serambi Botani di Botani Square Bogor
Abstract
Gaya hidup sehat telah menjadi salah satu tren gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia di berbagai kalangan dengan mengkonsumsi produk yang alami. Produk alami yang dikonsumsi tidak terbatas pada makanan dan minuman, tetapi telah merambah pada produk perawatan tubuh atau kosmetik. Semua orang mulai dari bayi membutuhkan dan telah menggunakan kosmetik, baik wanita maupun pria. Salah satu bahan alami yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kosmetik adalah rumput laut. Rumput laut memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Manfaat rumput laut yang baik bagi kulit, telah dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang bergerak dalam industri kosmetik. Salah satunya adalah pihak Serambi Botani yang memproduksi kosmetik berbahan dasar rumput laut dengan merek Serambi Botani. Tujuan penelitian tentang konsumen kosmetik berbahan dasar rumput laut ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi antara target konsumen yang dibidik Serambi Botani dengan realisasinya di lapangan, manganalisis proses keputusan pembelian konsumen, menganalisis tingkat kepuasan konsumen, dan mengembangkan alternatif strategi bauran pemasaran bagi Serambi Botani.
Penelitian dilaksanakan di Gerai Serambi Botani yang terletak di Mall Botani Square Bogor. Waktu penelitian dilaksanakan selama bulan April hingga Juni 2012. Konsumen yang diwawancarai pada penelitian sebanyak 40 orang dengan ketentuan sudah pernah mengkonsumsi kosmetik berbahan dasar seaweed. Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, tabulasi silang, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Data diolah dengan menggunakan software SPSS 17 dan Minitab 14.
Karekteristik sebagian besar konsumen kosmetik berbahan dasar rumput laut merek Serambi Botani adalah wanita pada kategori usia dewasa awal yang berdomisili di Bogor dengan status belum menikah. Tingkat pendidikan terakhir adalah SMA dengan pekerjaan sebagai mahasiswa dan rata-rata pedapatan per bulan adalah Rp 5.00.000,00 hingga Rp 1.499.999,00. Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen kosmetik berbahan dasar rumput laut dimulai dengan adanya motivasi awal yang sekedar ingin mencoba menggunakan kosmetik karena kandungan bahan alaminya. Sebagian besar konsumen memperoleh informasi dari teman dan informasi yang diperoleh dirasa lengkap. Atribut kosmetik yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah manfaat kosmetik. Biasanya konsumen memutuskan pembelian secara tidak terencana dan yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih tempat pembelian adalah karena pelayanan yang memuaskan dan ketersediaan produk yang lengkap. Pihak yang paling mempengaruhi pembelian konsumen adalah teman dan diri sendiri. Pembelian kosmetik dilakukan tergantung pada persediaan yang ada dan kebanyakan konsumen membeli produk sabun. Harga kosmetik dinilai sepadan dengan manfaat yang diperoleh oleh konsumen dan kebanyakan dari konsumen merasa puas setelah menggunakan kosmetik. Konsumen pun berminat melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan kosmetik kepada orang lain.
Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa hanya sebagian dari demografi konsumenlah yang memiliki hubungan dengan proses keputusan pembelian konsumen. Hasil analisis CSI menunjukkan nilai CSI Serambi Botani pada kosmetik berbahan dasar rumput laut sebesar 69,5 persen, berarti konsumen merasa puas atas kinerja kosmetik berbahan dasar rumput laut merek Serambi Botani. Masih terdapat sebesar 30,5 persen konsumen yang belum dapat dipuaskan dengan kinerja kosmetik ini. Sehingga dilakukan analisis IPA untuk menentukan prioritas perbaikan terhadap atribut kosmetik berbahan dasar rumput laut. Hasil analisis IPA menunjukkan prioritas utama yang harus diperbaiki adalah atribut petunjuk cara penggunaan dan atribut diskon. Sedangkan atribut yang harus dipertahankan adalah kandungan bahan alami, kejelasan tanggal kadaluarsa, pencantuman komposisi, manfaat kosmetik, kualitas, dan ketersediaan produk di dalam gerai.
Alternatif bauran pemasaran yang dapat dilakukan oleh pihak Serambi Botani untuk bauran produk adalah melengkapi penandaan pada kemasan kosmetik, menambahkan isi (volume) dan busa sabun natural seaweed dan chitosan, melakukan pengemasan yang lebih menarik lagi, dan menambahkan variasi (jenis) produk seperti sabun gel pencuci muka, bedak, dan masker wajah. Alternatif bauran tempat yaitu membuka cabang baru di beberapa daerah lainnya seperti Depok dan Luar Jawa dan melengkapi produk yang ada di gerai lainnya. Alternatif bauran harga yaitu membuat member card dan produk bundle agar konsumen dapat membeli produk dengan lebih murah dibandingkan jika membeli dengan harga satuan yang dapat lebih menarik perhatian konsumen. Alternatif bauran promosi yaitu melengkapi informasi produk dan lebih memaksimalkan penggunaan website dan twitter sebagai media informasi, komunikasi, dan penjualan bagi Serambi Botani. Kegiatan promosi juga dapat dilakukan dengan menjadi salah satu sponsorship pada kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Selain itu, Serambi Botani dapat memberikan hadiah berupa produk sampel dengan ketentuan setiap pembelian minimal Rp 50.000,00 yang dapat lebih menarik perhatian konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]