Analisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Minuman Sari Buah Minute Maid Pulpy PT CCAI di Bogor
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain : 1) Mengidentifikasi karakteristik
konsumen minuman sari buah Minute Maid Pulpy; 2) Menganalisis proses
pengambilan keputusan pembelian minuman sari buah Minute Maid Pulpy; 3)
Menganalisis penilaian dan kepuasan konsumen terhadap atribut produk minuman
sari buah Minute Maid Pulpy. Penelitian ini dilaksanakan di segmen tradisional
Outlet Coca-Cola PT Coca-Cola Amatil Indonesia, karena segmen tradisional
merupakan segmen yang mudah dijangkau oleh semua kalangan, terutama
kalangan menengah ke bawah. Adapun segmen tradisional adalah salah satu
segmen yang ditetapkan oleh perusahaan, dimana pembelian bisa dalam jumlah sedikit dan biasanya disediakan untuk kalangan menengah ke bawah. Segmen
tradisional disesain dan diletakkan di setiap tempat yang dianggap berpotensi
untuk pengembangan penjualan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan
pertimbangan bahwa PT Coca-Cola Amatil Indonesia merupakan produsen salah
satu minuman sari buah dengan bulir buah asli yang produknya mudah dijangkau
di setiap tempat. Data dan informasi yang dikumpulkan berupa data primer dan
data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 202 orang. Analisis
data yang digunakan dengan menggunakan pendekatan: analisis deskriptif,
analisis IPA (Importance Performance Analysis), analisis CSI (Customer
Satisfaction Index).
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis proses keputusan pembelian dan
kepuasan konsumen Minute Maid Pulpy, dapat disimpulkan bahwa konsumen
Minute Maid Pulpy tergolong pada konsumen dewasa muda profesional. Hal ini
telah sesuai dengan target pasar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Awalnya
konsumen tertarik terhadap minuman sari buah karena rasa dahaga. Kemudian
konsumen tergerak untuk mencari informasi mengenai minuman sari buah yang
akan dikonsumsinya. Informasi yang ada di benaknya timbul dalam bentuk
keinginan untuk mengkonsumsi Minute Maid Pulpy yang diwujudkan dengan
proses pembelian. Setelah mengkonsumsi, konsumen merasa puas dan
memperoleh manfaat dengan mengkonsumsi Minute Maid Pulpy. Dari hasil
identifikasi, konsumen termasuk konsumen habitual buyer yaitu konsumen yang
merasa puas setelah mengkonsumsi Minute Maid Pulpy sebanyak 25,826 persen.
Konsumen merasa puas mengkonsumsinya karena kebiasaan yang diturunkan
oleh keluarganya. Sehingga kelompok konsumen ini akan tetap loyal dengan
mengkonsumsi Minute Maid Pulpy serta tidak akan pindah mengkonsumsi produk
lain. Pada perhitungan nilai Costumer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai
74,71 persen. Artinya konsumen merasa puas atau dapat dikatakan very good
terhadap atribut-atribut yang diujikan terhadap produk minuman sari buah Minute
Maid Pulpy.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]