Show simple item record

dc.contributor.advisorAgung, Sarwititi S.
dc.contributor.authorLiestiana, Shinta
dc.date.accessioned2023-11-01T11:19:37Z
dc.date.available2023-11-01T11:19:37Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129840
dc.description.abstractPenyiaran radio saat ini dianggap sebagai sebuah industri yang menguntungkan. Penyiaran radio pun mengalami perkembangan yang pesat. Untuk dapat bersaing dengan radio siaran lainnya maka perlu dilakukan strategi komunikasi yang dapat menarik perhatian khalayak pendengar dan pengiklan. Strategi komunikasi tersebut perlu didukung oleh target khalayak pendengar yang ingin dituju dan berorientasi pada pengiklan, sehingga program siaran yang diproduksi suatu radio dapat disesuaikan dengan selera khalayak pendengar sebagai konsumen dan pengiklan sebagai sumber pemasukan radio. Telah dilakukan kajian tentang strategi komunikasi penyiaran radio. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tahapan strategi pemasaran yang dilakukan Radio Mustang untuk mengidentifikasi khalayak pendengar yang ingin dituju?; 2) Bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Radio Mustang berdasarkan hasil identifikasi khalayak pendengar?. Tujuan skripsi ini adalah untuk memahami : 1) Tahapan strategi pemasaran yang dilakukan Radio Mustang untuk mengidentifikasi khalayak pendengar yang ingin dituju. 2) Strategi komunikasi yang dilakukan Radio Mustang berdasarkan hasil identifikasi khalayak pendengar. Penelitian ini dilakukan di Radio Mustang, Jakarta Pusat. Pengumpulan data dilakukan pada minggu kedua bulan Juni sampai dengan awal Juli 2007. Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa Radio Mustang mengalami perkembangan yang baik dimana saat ini Radio Mustang merupakan salah satu radio swasta komersil di Jakarta (yang dianggap sebagai daerah pusat penyiaran radio) yang mempunyai khalayak pendengarnya sendiri yang aktif dalam kegiatan Radio Mustang baik on air maupun off air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menunjukkan bahwa strategi komunikasi penting untuk dilakukan dalam usaha mendapatkan perhatian khalayak pendengar yang sudah menjadi pendengar Radio Mustang maupun khalayak pendengar baru yang ingin dituju, serta perhatian pihak pengiklan. Radio Mustang melakukan identifikasi khalayak pendengar melalui segmentasi dan targetting. Segmentasi dilakukan Radio Mustang dengan mengelompokkan khalayak pendengar berdasarkan usia, jenis kelamin, status, dan wilayah. Berdasarkan segmentasi tersebut maka targetting atau target segmen pendengar Radio Mustang adalah khalayak pendengar berusia 15-25 tahun (bias pendengar 26-30 tahun), status siswa SMU, mahasiswa, dan profesional muda (seperti pengusaha muda, karyawan yang baru bekerja atau yang mau bekerja), mempunyai status sosial menengah ke atas, dan mempunyai wawasan luas (smart), gaul, aktif, dan kreatif. Kemudian Radio Mustang membuat pernyataan positioning untuk menunjukan karakter Radio Mustang dan menciptakan citra dalam pandangan khalayak pendengar yang ingin dituju.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcCommunication and Community Developmentid
dc.titleStrategi komunikasi stasiun radio penyiaran sebagai upaya menjaring khalayak pendengar dan pengiklanid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordRadioid
dc.subject.keywordKeunggulan radioid
dc.subject.keywordStrategi komunikasiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record