Analisis usahatani dan pemasaran salak nglumut
Abstract
Sektor pertanian merupakan sektor yang penting di lndonesia, oleh sebab itu pembangunan yang
dilaksanakan di sektor ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Termasuk
dalam pembangunan pertanian adalah pembangunan di bidang hortikultura. Komoditas
hortikultura khususnya buah buahan tropika rnerupakan salah satu potensi pertanian di Indonesia
yang mempunyai prospek yang cerah. Peluang buah-buahan tropika baik unluk pasar dalam ngeri
maupun luar negeri tumbuh dengan pesat sejalan dengan adanya pertumbuhan penduduk,
peningkalan pendapatan serta peningkatan pengetahuan masyarakat tentang gizi dan kesehatan.
Salak merupakan salah satu buah asli Indonesia yang mendapat prioritas untuk dikembangkan.
Disamping itu buah tropis Indonesia yang paling potensial untuk ditawarkan ke pasar dunia adalah salak, sebab Thailand sebagai negara pemasok buah tropis terbesar di dunia belum mengembangkan buah ini. Dengan demikian Indonesia dapat merebut peluang yang masih terbuka tersebut dengan mengembankan potensi yang ada.
Salak Nglumut sebagai salah satu salak unggulan Indonesia mempunyai banyak kelebihan dibanding
dengan salak lain yaitu rasanya yang manis tanpa rasa sepat meskipun masih muda, relatif lebih tahan lama untuk disimpah serta harganya yang jauh lebih tinggi dibanding salak jenis lain. Oleh sebab itu Salak Nglumut memiliki peluang yang cerah untuk dikembangkan.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]