Pola asuh, tingkat kecerdasan dan emosi dan prestasi belajar anak sekolah dasar yang tinggal di panti asuhan dan keluarga
View/ Open
Date
2007Author
Pasaribu, Lamria Junita
Latifah, Melly
Madanijah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pola asuh, perkembangan
emosi dan prestasi belajar anak sekolah dasar yang tinggal di panti asuhan.
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik anak-
anak yang tinggal dipanti asuhan meliputi, umur, jenis kelamin, lama tinggal di
panti asuhan, besar keluarga; (2) Mengetahui karakteristik pengasuh dan
orangtuanya meliputi pendidikan, pendapatan, besar keluarga, pekerjaan dan
kepribadian; (3) Menganalisis perbedaan pola asuh anak-anak yang tinggal di
panti asuhan dan keluarga; (4) Menganalisis hubungan pola emosi dan tingkat
kecerdasan emosi, dan hubungan pola asuh belajar dan prestasi belajar anak-
anak yang tinggal di panti asuhan dan keluarga; (5) Menganalisis hubungan
kecerdasan emosi dan prestasi belajar anak-anak yang tinggal di panti asuhan
dan keluarga.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kramat, Kota Jakarta Pusat
Desain penelitian adalah cross sectional study. Pengambilan data dilaksanakan
dalam bulan oktober 2005. Contoh adalah kelas 4, 5 dan 6 SD. Contoh
dikelompokkan menjadi dua, yaitu contoh di panti asuhan yang diasuh oleh
pengasuh dan contoh dari keluarga yang diasuh oleh orangtua kandung. Contoh
yang diteliti sebanyak 30 orang untuk setiap kelompok (total 60 orang). Data
primer yang dikumpulkan meliputi (1) Karakterstik pribadi contoh meliputi umur,
jenis kelamin, lama tinggal di panti asuhan, dan besar keluarga; (2) Karakteristik
keluarga pengasuh meliputi pendidikan, pendapatan, besar keluarga, dan
pekerjaan; (3) Pola pengasuhan anak meliputi pola asuh pola asuh emosi dan
belajar. Data sekunder (1) data nilai raport; (2) gambaran wilayah penelitian
meliputi panti asuhan dan sekolah. ...