| dc.description.abstract | Dalam rangka perbaikan taraf hidup masyarakat untuk mewujudkan
kondisi sosial (sumberdaya manusia) yang kuat dengan ditunjang oleh
perekonomian yang mantap, pemerintah telah mencanangkan gerakan makan ikan
sejak tanggal 16 Oktober 1996. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan
selera makan ikan masyarakat, karena ikan merupakan salah satu makanan yang
banyak rnengandung gizi, terutama protein asam amino esensial serta asam lemak
tak jenuh yang bagus untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Hal ini
merupakan tantangan bagi para pengusaha dalam memproduksi dan memasarkan
beragam produk olahan hasil perikanan untuk meningkatkan minat masyarakat
mengkonsumsi ikan. Peluang ini telah ditangkap oleh PT. Ulam Sari Samudra
sebagai distributor tunggal PT. Dharma Samudra Fishing Industries dengan
memasarkan berbagai produk bakso seafood ke masyarakat.
Berdasarkan data statistik dari BPS dari tahun 1999-2003 memperlihatkan
kenaikan konsumsi ikan tiap tahunnya. Peningkafan- ini membuktikan bahwa
masyarakat pada akhirnya mulai menyadari untuk lebih meningkatkan selera
makan ikannya.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan mempelajari
karakteristik responden bakso seafhod, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang
rnempengaruhi perilaku konsumen bakso seafood, (3) mengetahui dan
mempelajari penilaian konsumen bakso seafood di Kota Bogor, dan (4)
mengaplikasikan strategi pemasaran di PT. Ulam Sari Samudra berdasarkan hasil
penelitian penilaian konsumen dan kajian srategi pemasaran yang telah digunakan
perusahaan.
Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor dengan studi kasus PT. Ulam Sari
Samudra yang berkantor di Jln. Tebet Raya No. 62 Jakarta. Pemilihan lokasi
dilakukan secara sengaja (purposive). Data diperoleh dari pengamatan langsung,
wawancara dan jawaban dari 100 responden. Teknik sampling yang digunakan
adalah nonprobability sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan : ( 1) analisis deskriptif, dengan membuat tabulasi frekuensi
sederhana untuk mendeskripsikan karakteristik responden dengan atribut produk,
(2) Analisis Faktor (Komponen Utama), teknik yang sering digunakan dalam
analisis rnultivariat, (3) Uji Chi-Square untuk menganalisis hubungan antara
karakteristik responden dengan atribut produk bakso seafood, ( 4) pemetaan
sematik differensial, dan (5) pembobotan peringkat atribut produk yang meliput
rasa, jenis, kemasan, harga dan kebersihan untuk dibuat peringkatnya.
Karakteristik responden bakso seafood yang diperoleh didominasi oleh
perempuan (52 persen), berumur 26-3.0 tahun (45 persen), berfrofesi sebagai
pegawai negeri (47 persen) dan tingkat pendapatan berkisar antara Rp 500.000 -
Rp 1.000.000 (45 persen).
Hasil dari analisis faktor terdapat 11 variabel dan ada satu variabel yang
tidak berpengaruh terhadap produk bakso seafood, yaitu ik1an dan promosi. Ini
disebabkan·karena PT. Ulam Sari Samudra kurang mempromosikan produk bakso
seafood yang terbilang masih cukup baru, sehingga sebagian besar responden
menganggap iklan tidak begitu penting dalarn pembelian bakso seafood. Setelah
diketahui ada faktor-faktor yang masih berpengaruh dan memiliki lima variable
teratas diantaranya pengaruh lingkungan, pengaruh jenis, harga, rnotivasi dan
kemudahan diperoleh, sehingga untuk melihat hubungan diantara variabelvariabel
yang dipertimbangkan digunakan suatu analisis komponen utama,
berdasarkan hasil tersebut diperoleh tiga komponen utama.
Hasil Uji Chi-Square menunjukan bahwa atribut produk yang meliputi
rasa, harga, kemasan, dan kebersihan terhadap karakteristik konsumen yang
meliputi umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan per bulan
tidak mempunyai hubungan yang signifikan, Satu-satunya atribut yang produk
bakso seafood yang mempunyai hubungan signifikan dengan karakteristik
konsume n adalah atribut produk pilihan.
Untuk menganalisis seberapa penting produk bakso seafood maka
konsumen menilai dengan cara memberikan peringkat kepada keenam jenis bakso
seafood tersebut dan hasilnya peringkat pertama dipegang oleh bakso ikan dan
peringkat terakhir oleh bakso octopus (gurita).
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diajukan kepada PT. Ularn
Sari Samudra sel.aku distributor tunggal dalam memasarkan produk bakso seafood
yaitu he ndaknya memperhatikan kemasan produk dan memperhatikan promosi
serta media iklan yang digunakan untuk lebih memperkenalkan produknya. Hal
ini disebabkan karena kedua variabel tersebut merupakan atribut yang
mempengaruhi penilaian konsumen. | id |