Self-Control and Cognitive Style on High School Students in Bekasi
View/ Open
Date
2015Author
Mudjalifah, Nurul
Widayati, Khanti Arum
Suryobroto, Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengendalian diri merupakan fungsi utama diri dan merupakan kunci sukses
dalam kehidupan. Pengendalian memiliki keuntungan apabila dapat dioptimalkan
dalam diri. Cara berfikir kognitif pada manusia untuk menentukan cara
pemrosesan informasi, apakah cara berfikir secara analitik atau secara intuitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian diri dan cara berfikir
cognitif pada siswa sekolah menengah atas di kota Bekasi, dan untuk mengetahui
kovariasinya dalam mempengaruhi prestasi akademik. Tipe kognitif ditentukan
dengan menggunakan cognitive reflection test (CRT) dan pengendalian diri
ditentukan menggunakan self-control scale (SCS). Hasil menunjukan siswa
sekolah menengah atas di kota Bekasi memiliki rata-rata skala pengendalian diri
116.3 dan memiliki cara berfikir intuitif. Semakin tinggi skor CRT semakin tinggi
pula prestasi akademiknya, namun skor SCS tidak menunjukan korelasi dengan
prestasi akademik. Hal tersebut menunjukan bahwa pengendalian diri dan tipe
kognitif tidak bersama-sama mempengaruhi prestasi akademik. Pengendalian diri
sangat dibutuhkan untuk semua aktivitas, tidak hanya untuk kesuksesan akademik.
Collections
- UT - Biology [2074]