Tingkat kepuasan konsumen Saudagar Kopi, Jakarta
Abstract
Saudagar Kopi merupakan salah satu kedai kopi yang hanya menawarkan kopi asli Indonesia dengan berbagai varian menu kopi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian konsumen, dan kepuasan konsumen Saudagar Kopi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dekriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas konsumen Saudagar Kopi sebanyak 52 persen berjenis kelamin perempuan dan sebanyak 66 persen berusia 20-30 tahun. Mayoritas konsumen berdomisili di Jakarta sebanyak (85 persen) dengan pendidikan terakhir sarjana sebanyak 63 persen. Sebagian besar konsumen bekerja sebagai pegawai swasta sebanyak 45 persen dengan berpendapatan diatas Rp 5 000 000 sebanyak 64 persen. Berdasarkan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai 79 persen artinya konsumen sudah merasa puas dengan kinerja atribut Saudagar Kopi. Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa atribut ketersediaan dan kebersihan toilet, dan kemudahan papan nama untuk dilihat merupakan prioritas utama untuk diperbaiki.
Collections
- UT - Agribusiness [4548]