Strategi pemasaran tanaman hias vertical garden pada PT Godongijo Asri Sawangan Depok
Abstract
Vertical garden merupakan konsep taman tegak dimana tanaman dan elemen taman lainnya diatur sedemikian rupa dalam sebuah bidang tegak. PT Godongijo Asri merupakan salah satu pionir tanaman hias untuk vertical garden. Dalam keadaan persaingan yang sangat ketat, peranan penetapan harga dan pemasaran sangat penting terutama untuk membangun nilai kompetitif yang tinggi dan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Tanaman hias yang diteliti adalah wali songo dan daun mutiara. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penetapan harga pokok produksi, menganalisis zona fleksibilitas harga, dan merumuskan alternatif strategi pemasaran. Metode yang digunakan antara lain optimal price minimum, customer price maximum, dan proses hirarki analitik. Hasil penelitian menyatakan bahwa harga pokok tanaman hias wali songo dan daun mutiara dengan menggunakan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan harga pokok produk menggunakan metode aktual. Zona fleksibilitas hanya terdapat pada tanaman hias wali songo kelompok dua. Faktor bauran pemasaran yang memiliki prioritas utama adalah produk dengan sub faktor meningkatkan kualitas tanaman hias vertical garden.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]