dc.description.abstract | Indonesia merupakan negara produsen clan pengekspor karet alam terbesar kedua di dunia setelah
Thailand. Dan bersama-sama dengan Malaysia, menjadi 3 negara produsen karet alam terbesar di dunia yang menguasai 87 persen pangsa pasar konsumsi karet alam dunia. Indonesia sendiri memiliki pangsa pasar sekitar 30 persen dari pasar dunia. Sekitar 90 persen produksi karet alam Indonesia diekspor sedangkan sisanya dikonsumsi di dalam negeri.
Perhatian pemerintah Indonesia terhadap perkembangan bisnis karetnya dirasakan oleh berbagai pihak sangat kurang, terutama pada beberapa tahun terakhir. Tidak adanya perencanaan clan aksi yang dilakukan pemerintah terhadap bisnis karet alarnnya menyebabkan bisnis karet Indonesia berjalan dengan sendirinya sesuai keadaan tanpa tujuan clan arah yang jelas clan akhir-akhir ini mulai
banyak perkebunan besar beralih pada komoditi lain yang lebih menguntungkan.
Mengingat posisi Indonesia yang strategis clan sangat penting bagi industri karet alam dunia, maka
tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi pemasaran karet alam yang dilakukan Indonesia
clan menganalisis alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh para pengambil kebijakan
di Indonesia. Analisis dilakukan dengan pendekatan bauran pemasaran (marketing Consulting Group, dan analisis tabel. | id |