View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Economics and Development Studies
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Economics and Development Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis laporan keuangan dan pelayanan kepada anggota pada Primkopti Kotamadya Bogor: Studi kasus Primkopti Kotamadya Bogor

      Thumbnail
      View/Open
      Fullteks (3.717Mb)
      Date
      1998
      Author
      Triastiani, Lia
      Brotosunaryo, Otto AS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Koperasi baik sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berdasarkan UU No. 25 Tahun 1992, berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam tata perekonomian nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Dari berbagai koperasi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah KOPTI (Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia) yang anggotanya adalah pengusaha kecil tahu tempe. KOPTI bertujuan untulc menghimpun para pengrajin tahu tempe dan membina usahanya agar tercapai kesejahteraan para anggota beserta keluarganya. Dalarn menjalankan usahanya, KOPTI tidak terlepas dari adanya kendala­ kendala yang menjadi hambatan dalam kelangsungan usaha KOPTI, ha! ini dapat dilihat dari pengalaman KOPTI pada tahun 1979 hingga 1986 yang sempat mengalami mismanagement, dimana kendala utarna dalam masalah ini umurnnya disebabkan oleh kemampuan pengelolaan, pengalaman organisasi, dan permodalan yang terbatas. Aspek manajerial merupakan ha! yang sangat penting dalam mengelola usaha koperasi, salah satunya adalah manajemen keuangan. Dimana efisiensi pengelolaan koperasi dapat dilihat dari analisis keuangannya. Namun perlu diketahui pula bahwa efisiensi dan pelayanan merupakan hal yang berkaitan. Koperasi yang efisien belum tentu dapat memberikan pelayanan yang baik demikian pula sebaliknya, Karena anggota dalam koperasi merupakan pemilik sekaligus pelanggan, sehingga peningkatan efisiensi dalam koperasi dapat menyebabkan peningkatan atau penurunan dalam hal pelayanan kepada anggotanya.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127091
      Collections
      • UT - Economics and Development Studies [3211]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository