Strategi hubungan masyarakat kementerian negara koperasi dan usaha kecil menengah dalam membangun citra instansi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan humas
Kementerian Negara Koperasi dan UKM dalam membangun citra. Selain itu,
mengetahui bagaimana opini publik terhadap Kementerian Negara Koperasi dan
UKM. Untuk mengetahui opini publik maka dilihat tingkat pengetahuan dan
kepercayaan publik terhadap Kementerian Negara Koperasi dan UKM. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Metode pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui strategi humas
Kementerian Koperasi dan UKM. Sedangkan metode pendekatan kuantitatif
digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan kepercayaan publik
eksternal.
Hubungan masyarakat (humas) adalah bagian dari suatu organisasi yang
berfungsi sebagai jembatan penghubung antara organisasi dan publik. Sebagai
jembatan penghubung, humas menggunakan strategi sehingga memudahkan
dalam melakukan kegiatan kehumasan. Strategi yang digunakan humas
diantaranya adalah (1) Menjalin kerjasama dengan media massa, (2) Melakukan
kegiatan eksternal seperti mengadakan pameran dan lokakarya, dan (3) Kerjasama
dengan perguruan tinggi, serta pihak bank. Hal itu bertujuan untuk memberikan
informasi kepada masyarakat, khususnya publik sasaran secara cepat dan optimal.
Opini publik perlu diketahui oleh humas sebagai bahan evaluasi bagi
organisasi. Opini publik tercipta karena adanya pengetahuan dan kepercayaan
publik terhadap organisasi. Opini publik eksternal terhadap Kementerian Negara
Koperasi dan UKM cenderung bersifat positif.