Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Organisasi Nirlaba (Kasus: World Wide Fund For Nature - Indonesia)
View/ Open
Date
2015Author
Adiningtyas, Adella
Hubeis, Aida Vitayala S.
Dwi Retno H.
Metadata
Show full item recordAbstract
Organisasi nirlaba yang bergerak pada isu lingkungan sudah semakin dikenal banyak orang. Keberhasilan yang diupayakan organisasi nirlaba berupa peningkatan citra positif diperoleh dari hubungan media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Hubungan Masyarakat (Humas) WWF-Indonesia dalam meningkatkan citra organisasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah survai pada dua organisasi kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor yang pernah bekerjasama dengan WWF-Indonesia, yaitu Fisheries Diving Club (FDC) dan Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (HIMASIERA). Analisis data meliputi uji Rank Spearman dan Chi Square digunakan untuk melihat hubungan antara strategi Humas dengan citra organisasi nirlaba. Hasil yang diperoleh dari penelitian, yaitu: 1) ada hubungan antara karakteristik individu dengan citra
perusahaan yang terbentuk; 2) ada hubungan antara antara aktivitas Humas yang dilakukan dengan citra perusahaan.