Analisis Pengaruh Denominasi Rp500.000 dan Perencanaan terhadap Belanja dengan Pendekatan Eksperimental
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh individu masingmasing
faktor (denominasi Rp500.000 dan perencanaan) serta menganalisis
pengaruh interaksi antarfaktor terhadap belanja. Data yang digunakan adalah data
primer yang diperoleh dari percobaan ekonomi. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Analisis Kovariat (Analysis of Covariance/Ancova)
dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa denominasi tidak
signifikan secara statistik terhadap belanja. Sedangkan perencanaan signifikan
secara statistik terhadap belanja. Tidak ada interaksi antara denominasi dengan
perencanaan dalam memengaruhi keputusan belanja konsumen. Interaksi tiga
faktor yakni denominasi, harga, dan perencanaan cenderung signifikan terhadap
belanja. Interaksi denominasi tergantung harga dan perencanaan.