Motivasi Berwirausaha Pemuda-pemudi di Pedesaan (Kasus: Desa Bojongmangu, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat)
Abstract
Pemuda adalah agen pembangunan dan kemajuan sosial, serta ekonomi. Kewirausahaan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Terdapat faktor-faktor yang dapat memotivasi pemuda pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor-faktor penentu baik internal dan eksternal dengan motivasi berwirausaha. Penelitian ini menggunakan Data Desa Presisi (DDP) melalui pendekatan Drone Participatory Mapping (DPM) untuk mengidentifikasi karakteristik pemuda sebagai faktor penentu internal. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan survei dengan instrumen kuesioner untuk menganalisis karakteristik situasional pemuda miskin. Data diolah dan dianalisis mengunakan Microsoft Excel 2019 dan IBM SPSS Statistics 25 for Windows. Penelitian ini didukung dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan nyata antara beberapa faktor, seperti: tingkat pendidikan dan jenis kelamin terhadap motivasi berwirausaha pada pemuda-pemudi Desa Bojongmangu. Sedangkan faktor-faktor penentu lainnya tidak ada keterhubungan nyata antar peubah. Youth is the agent of development and social progress, as well as the economy. Entrepreneurship is one of the efforts to increase the economic growth of a country. There are factors that can motivate rural youth. This study aims to analyze the relationship between internal and external determinants of entrepreneurial motivation. Precision Village Data through the Drone Participatory Mapping (DPM) approach is used to identify youth characteristics as internal determinants. This study also uses a survey method with a questionnaire instrument to analyze the situational characteristics of poor youth. Data was processed and analyzed using Microsoft Excel 2019 and IBM SPSS Statistics 25 for Windows. This study is supported by qualitative data through in-depth interviews. The results of the study show that there is a real relationship between several factors such as education level and gender on entrepreneurship motivation in young people of Bojongmangu Village.