Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui Televisi
View/ Open
Date
2015Author
Anshorulloh, Shofwan Hilmi
Riyanto, Sutisna
Metadata
Show full item recordAbstract
ABSTRAK
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan badan yang dibentuk pemerintah untuk menjamin kesehatan seluruh lapisan masyarakat. Iklanlayanan masyarakat di televise menjadi alat yang dipilih oleh pihak BPJS Kesehatan untuk menyosialisasikan program jaminan kesehatan kepada
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterdedahan khalayak terhadap iklan layanan masyarakat melalui televisi, hubungan faktor keterdedahan dengan keterdedahan iklan layanan masyarakat, efektivitas penerimaan iklan layanan masyarakat mengenai prosedur pelayanan program BPJS kesehatan, dan hubungan keterdedahan iklan layanan masyarakat dengan efektivitas iklan
layanan masyarakat. Efektivitas iklan layanan masyarakat akan diukur menggunakan konsep AIDA (attention, interest, desire, action). Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode sensus, dengan pendekatan kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada
hubungan antara faktor keterdedahan yang menonton iklan layanan masyarakat dengan keterdedahan iklan layanan masyarakat. Kemudian pada efektivitas iklan layanan masyarakat tidak terdapat hubungan antara keterdedahan iklan layanan masyarakat dengan tiga unsur AIDA yaitu attention, interest, dan action, sedangkan unsur desire memiliki hubungan dengan variabel kelengkapan isi pesan dalam keterdedahan iklan layanan masyarakat.
Kata kunci :Keterdedahan, Efektivitas, IklanLayananMasyarakat, AIDA