Show simple item record

dc.contributor.advisorAsmarantaka, Ratna Winandi
dc.contributor.authorSamuel, Gihon
dc.date.accessioned2023-10-05T07:43:17Z
dc.date.available2023-10-05T07:43:17Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125903
dc.description.abstractStroberi merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai jual yang tinggi. Produktivitas stroberi mengalami penurunan yang cukup signifikan disaat permintaan terhadap stroberi terus meningkat. Fakta ini menunjukkan adanya prospek pemasaran stroberi yang harus didukung dengan saluran pemasaran yang efisisen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemasaran dan efisiensi pemasaran dan memberikan saran terhadap saluran pemasaran yang dapat dijadikan alternatif. Metode pengumpulan data mengunakan metode purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menujukkan saluran pemasaran 2 lebih efisien secara relatif dan operasional ( petani–CV Barokah Tani–pedagang retail) dengan saluran pemasaran 5 dan 6 sebagai saluran pemasaran alternatif yang ekuivalen. Indikator efisiensi pemasaran adalah margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan atas biaya, volume penjualan, dan fungsi-fungsi pemasaran. Pembentukan kelompok tani menjadi salah satu saran peneliti untuk meningkatkan nilai tambah stroberi dalam bidang agrowisata dan produk olahan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics Management-Agribusinessid
dc.titleAnalisis pemasaran Stroberi di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Baratid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordstrawberryid
dc.subject.keywordmarketing efficiencyid
dc.subject.keywordCiwidey Areaid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record