Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat sebagai Media Komunikasi Program Keluarga Berencana (KB)
Abstract
Salah satu bentuk pencegahan pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan
penduduk adalah Program Keluarga Berencana (KB). Iklan Layanan Masyarakat
(ILM) merupakan media komunikasi program KB yang tepat untuk
menyampaikan informasi kepada khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengkaji efektitivitas komunikasi program KB yang dilihat dari penilaian
terhadap ILM yang meliputi daya tarik, pemahaman, keterlibatan diri, dorongan
bertindak dan hubungannya dengan karakteristik khalayak yang menonton.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental dan
didukung data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen
penilaian iklan layanan masyarakat program KB berada pada kategori sedang dan
tinggi. Setelah diuji beda antara pre-test dan post-test didapatkan hasil bahwa
pemahaman pada khalayak yang menonton iklan dalam bentuk video mengalami
perubahan, namun tidak demikian pada komponen penilaian yang lain. Variabel
yang berhubungan nyata hanya terdapat pada hubungan jumlah tanggungan
keluarga dengan dorongan bertindak.