dc.contributor.advisor | Baga, Lukman Mohammad | |
dc.contributor.advisor | Yanuar, Rahmat | |
dc.contributor.author | Al Barri, Ahmad Hamim | |
dc.date.accessioned | 2023-08-25T00:10:33Z | |
dc.date.available | 2023-08-25T00:10:33Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124328 | |
dc.description.abstract | Melon menjadi salah satu komoditas hortikultura yang banyak diminati. PT
Villa Tani Indonesia menjadi salah satu pemasar melon kepada konsumen. Salah
satu melon yang dipasarkan Villa Tani adalah jenis melon inthanon. Melon ini
mempunyai kualitas premium sehingga diperlukan strategi pemasaran khusus
dalam memasarkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bauran
pemasaran 4P yang diterapkan Villa Tani, menganalisis tingkat kinerja dan tingkat
kepentingan pemasaran melon inthanon Villa Tani, serta merumuskan strategi
pemasaran alternatif melon inthanon Villa Tani. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengidentifikasi bauran pemasaran
4P dan merumuskan strategi pemasaran alternatif. Kemudian untuk penilaian
tingkat kepentingan dan kinerja Villa Tani diukur menggunakan Importance
Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan atribut keterjangkauan
harga dan media sosial adalah atribut yang paling perlu ditingkatkan. Strategi
pemasaran alternatif yang dapat diterapkan oleh Villa Tani dalam memasarkan
melon inthanon antara lain adalah penerapan garansi, standardisasi dan penerapan
SOP sortir yang lebih ketat, melakukan campaign “Harga Pasar, Kualitas
Supermarket”, menyesuaikan komunikasi harga dengan pasar, penerapan preorder,
melakukan riset saluran pemasaran melalui omnichannel pemasaran, display
testimoni dari konsumen, optimalisasi konten media sosial, mempekerjakan
seorang content creator, dan mempekerjakan seorang admin media sosial yang
aktif. | id |
dc.description.abstract | One of the most popular horticultural products is melon. One company that
sells melon to consumers is Villa Tani. The inthanon melon is one of the melons
that Villa Tani sells. Since this melon is of high quality, a different marketing
method is needed. This research aims are to identify the 4P marketing mix that Villa
Tani uses, analyze the level of marketing performance and importance of inthanon
Villa Tani melons, and formulate alternative marketing strategies for inthanon Villa
Tani melons. The method used in this research is descriptive analysis to identify the
4P marketing mix and formulate alternative marketing strategies. Importance
Performance Analysis (IPA) is used to measure Villa Tani's importance and
performance. The research findings indicate that affordability and social media are
the attributes that need to be improved the most. The alternative marketing
strategies that Villa Tani can implement in marketing inthanon melons include
implementing a warranty, implementing a stricter standardization and sorting SOP,
conducting a campaign for 'Market Prices, Supermarket Quality”, adjusting price
communication to the market, implementing pre-orders, conducting research on
marketing channels through omnichannel marketing, displaying customer
testimonials, optimizing social media content, hiring a content creator, and hiring
an active social media admin. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Strategi Pemasaran Melon Inthanon pada PT Villa Tani Indonesia | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | bauran pemasaran | id |
dc.subject.keyword | importance performance analysis | id |
dc.subject.keyword | melon inthanon | id |
dc.subject.keyword | strategi pemasaran | id |