Show simple item record

dc.contributor.advisorBaga, Lukman Mohammad
dc.contributor.advisorYanuar, Rahmat
dc.contributor.authorAl Barri, Ahmad Hamim
dc.date.accessioned2023-08-25T00:10:33Z
dc.date.available2023-08-25T00:10:33Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124328
dc.description.abstractMelon menjadi salah satu komoditas hortikultura yang banyak diminati. PT Villa Tani Indonesia menjadi salah satu pemasar melon kepada konsumen. Salah satu melon yang dipasarkan Villa Tani adalah jenis melon inthanon. Melon ini mempunyai kualitas premium sehingga diperlukan strategi pemasaran khusus dalam memasarkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bauran pemasaran 4P yang diterapkan Villa Tani, menganalisis tingkat kinerja dan tingkat kepentingan pemasaran melon inthanon Villa Tani, serta merumuskan strategi pemasaran alternatif melon inthanon Villa Tani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengidentifikasi bauran pemasaran 4P dan merumuskan strategi pemasaran alternatif. Kemudian untuk penilaian tingkat kepentingan dan kinerja Villa Tani diukur menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan atribut keterjangkauan harga dan media sosial adalah atribut yang paling perlu ditingkatkan. Strategi pemasaran alternatif yang dapat diterapkan oleh Villa Tani dalam memasarkan melon inthanon antara lain adalah penerapan garansi, standardisasi dan penerapan SOP sortir yang lebih ketat, melakukan campaign “Harga Pasar, Kualitas Supermarket”, menyesuaikan komunikasi harga dengan pasar, penerapan preorder, melakukan riset saluran pemasaran melalui omnichannel pemasaran, display testimoni dari konsumen, optimalisasi konten media sosial, mempekerjakan seorang content creator, dan mempekerjakan seorang admin media sosial yang aktif.id
dc.description.abstractOne of the most popular horticultural products is melon. One company that sells melon to consumers is Villa Tani. The inthanon melon is one of the melons that Villa Tani sells. Since this melon is of high quality, a different marketing method is needed. This research aims are to identify the 4P marketing mix that Villa Tani uses, analyze the level of marketing performance and importance of inthanon Villa Tani melons, and formulate alternative marketing strategies for inthanon Villa Tani melons. The method used in this research is descriptive analysis to identify the 4P marketing mix and formulate alternative marketing strategies. Importance Performance Analysis (IPA) is used to measure Villa Tani's importance and performance. The research findings indicate that affordability and social media are the attributes that need to be improved the most. The alternative marketing strategies that Villa Tani can implement in marketing inthanon melons include implementing a warranty, implementing a stricter standardization and sorting SOP, conducting a campaign for 'Market Prices, Supermarket Quality”, adjusting price communication to the market, implementing pre-orders, conducting research on marketing channels through omnichannel marketing, displaying customer testimonials, optimizing social media content, hiring a content creator, and hiring an active social media admin.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pemasaran Melon Inthanon pada PT Villa Tani Indonesiaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbauran pemasaranid
dc.subject.keywordimportance performance analysisid
dc.subject.keywordmelon inthanonid
dc.subject.keywordstrategi pemasaranid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record