Pengaruh Penerapan Strategi Solusi Bisnis Ekosistem Finansial untuk Nasabah Segmen Institusi terhadap Pendapatan Bisnis (Studi Kasus di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)
Abstract
Perkembangan persaingan industri keuangan sangat pesat dalam dunia bisnis,
khususnya dalam industri perbankan. Persaingan tersebut dapat dilihat dari produk
dan jasa keuangan yang ditawarkan kepada konsumen. Strategi bisnis menjadi
pedoman perusahaan dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan.
Strategi bisnis merupakan tindakan terpadu dan komprehensif yang dilakukan oleh
perusahaan dalam upaya untuk mencapai target perusahaan. PT. Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk. memperkuat strategi dan inovasi untuk nasabah segmen
institusi. Kebutuhan institusi akan lembaga keuangan saat ini terus meningkat,
sehingga keberadaan lembaga keuangan menjadi penting untuk memenuhi
kebutuhan finansial dari institusi.
BNI berinovasi melakukan starategi bisnis deferensiasi untuk kemajuan
perusahaan. Sebagai parameter deferensiasi strategi antara lain dengan Image
differentiation, Quality differentiation dan Innovation differentiation. Strategi
solusi bisnis ekosistem finansial merupakan program yang BNI fokuskan dalam
memberikan solusi keuangan lengkap berbasis digital kepada nasabah institusi. Hal
ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan optimalisasi dana pihak
ketiga, penyaluran kredit dan fee based income dari cash management system pada
institusi. Dengan pembentukan ekosistem institusi yang berbasis pada solusi digital
yang membantu nasabah institusi untuk melakukan kegiatan finansial. Dalam
strategi solusi bisnis ekosistem finansial perbankan menawarkan produk-produk
perbankan yang dapat digunakan untuk nasabah institusi dari hulu ke hilir, sehingga
nasabah dipermudah dalam melakukan aktivitas financial karena menggunakan
semua produk BNI secara optimal.
BNI melalui Divisi Institutsional Banking melakukan strategi solusi bisnis
ekosistem finansial pada segmen nasabah institusi dengan memenuhi kebutuhan
nasabah akan perbankan secara menyeluruh strategi solusi bisnis ekosistem
finansial tidak terlepas dari biaya bisnis untuk mendapatkan pendapatan bisnis.
Strategi solusi bisnis ekosistem finansial untuk nasabah segmen institusi dirasakan
perlu dilakukan kajian lebih mendalam. Hal ini untuk melakukan analisis penerapan
strategi solusi bisnis ekosistem finansial, biaya bisnis dan pendapatan bisnis;
analisis hubungan antara strategi solusi bisnis ekosistem finansial, biaya bisnis dan
pendapatan bisnis; dan analisis pengaruh strategi solusi bisnis ekosistem finansial,
biaya bisnis dan pendapatan bisnis.
Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini menggunakan desain antara
kuantitatif dan kualitatif, dimana pendekatan kuantitatif sebagai utama untuk
menganalisis hasil, kemudian menggunakan hasil tersebut, untuk membangun fase
berikutnya yaitu kualitatif guna memperjelas secara rinci hasil dari kuantitatif
(Cresrwell dan Creswell 2018). Penelitian ini menggunakan model Structural
Equation Model (SEM), dimana variabel yang digunakan meliputi variabel eksogen,
indikator (variabel terukur atau measured variable) dan endogen (Ferdinant 2000).
v
Untuk menyempurnakan hasil dari teknik kuantitatif, dilakukan dengan wawancara
mendalam dengan sampel tujuh orang pengelola nasabah.
Hasil analisa, variabel dari strategi solusi bisnis ekosistem finansial hampir
semua berpengaruh terhadap pendapatan bisnis sehingga didapatkan implikasi
manajerial BNI Divisi Institusional Banking memiliki potensi untuk meningkatkan
target untuk mendapatkan pendapatan bisnis yang lebih baik. Hal ini yang membuat
BNI Divisi Institusional Banking nantinya akan setara dengan pesaingnya. Dan
strategi solusi bisnis ekosistem finansial baik untuk digunakan dan dikembangkan
untuk meningkatkan pendapatan yang lebih optimal.
Hasil dari penelitian bahwa mengetahui penerapan strategis solusi bisnis
ekosistem finansial, biaya bisnis dan pendapatan bisnis yang dilakukan; hubungan
antara strategis solusi bisnis ekosistem finansial, biaya bisnis dan pendapatan bisnis
memiliki hubungan kuat; dan strategi solusi bisnis ekosistem finansial hampir
seluruhnya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Dengan hasil penelitian
ini BNI Divisi Intitusional Banking berinovasi yang berbeda sebagai penyediaan
layanan perbankan yang memenuhi kebutuhan nasabah segmen Instutusi.
Collections
- MT - Business [524]