Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorJahroh, Siti
dc.contributor.authorHarniati, Augustina Sri
dc.date.accessioned2023-08-23T08:10:07Z
dc.date.available2023-08-23T08:10:07Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124261
dc.description.abstractTeknologi internet yang telah berkembang pesat mempengaruhi kehidupan manusia sebagai sumber informasi, komunikasi, dan platform bisnis. Ketergantungan pada internet mengubah cara mendapatkan informasi dan berbelanja yang semula dilakukan secara offline menjadi online. Pengalaman berbelanja online yang diunggah konsumen di fitur ulasan memungkinkan perusahaan untuk pengetahui preferensi serta sentimen konsumen yang terkandung dalam ulasan. Positioning merek sangat penting karena dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk dan sentimen positif yang terkandung dalam ulasan online dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek dan produk perusahaan. Salah satu industri yang mengalami peningkatan transaksi online adalah industri cetak yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan cetak dan dokumen baik di lingkup bisnis maupun individu. Kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai e-commerce, membuat konsumen banyak yang beralih memilih berbelanja secara online. Transaksi online juga dapat membantu perusahaan dalam memperluas saluran distribusi dan meningkatkan efisiensi proses penjualan. Oleh karena itu, penelitian pada industri ini menjadi sangat penting untuk terus mengikuti tren pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen secara efektif. Dalam penelitian ini akan difokuskan pada empat merek printer terbesar yang memiliki pangsa pasar yang signifikan di Indonesia, yaitu Epson, Canon, HP, dan Brother. Data dibatasi pada ulasan konsumen yang membeli printer di toko resmi printer di dua e-commerce tertinggi di Indonesia yakni Tokopedia dan Shopee, dimana data ulasan sebelum pandemi Covid-19 yaitu sebelum 31 Maret 2020 dikategorikan sebagai data periode I dan data ulasan selama pandemi Covid-19 yaitu dari 1 April 2020 sampai 31 Januari 2022 sebagai data periode II. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis positioning produk printer serta sentimen konsumen dari berbagai merek yang dijual di Tokopedia dan Shopee pada periode I dan II; menganalisa perbandingan atribut positioning dan sentimen konsumen terhadap produk printer di Tokopedia dan Shopee pada periode I dan II; merumuskan implikasi manajerial yang dapat diterapkan oleh perusahaan percetakan dalam mengelola aktivitas pemasaran online berdasarkan hasil positioning dan analisis sentimen konsumen dari ulasan online di Tokopedia dan Shopee. Dengan menggunakan teknik data scraping, data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 2.298 data ulasan yang diunggah konsumen pembeli printer Brother, Canon, HP, dan Epson di official store printer Tokopedia mulai bulan Desember 2017 hingga Januari 2022, serta 6.894 data ulasan yang diunggah oleh konsumen pembeli printer Brother, Canon, HP, dan Epson di official store printer di Shopee mulai Agustus 2018 hingga Januari 2022. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis korespondensi, dan analisis sentimen yang terlebih dahulu dilakukan tahap pra-pemrosesan spelling normalization, case folding, tokenizing, filtering, dan stemming, serta proses normalisasi data ulasan melalui metode TFIDF. Pengolahan data kuantitatif menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 26 dan pengolahan data kualitatif mengunakan Nvivo 12 Plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing merek produk printer memiliki positioning yang berbeda-beda. Setiap merek memiliki atribut atau faktor yang menjadi keunggulannya dalam persepsi konsumen. Printer Brother memiliki positioning yang kuat dalam hal kualitas cetak (product) baik di periode I maupun II di e-commerce Tokopedia dan aspek promosi (promotion) di e-commerce Shopee; printer Canon lebih dikenal dengan pengemasan (product) yang baik di Tokopedia periode I dan II serta keunggulan di aspek pelayanan customer service (process) dan pengiriman (place) di Shopee; printer HP dianggap unggul dalam hal harga (price) di Tokopedia dan unggul di promosi (promotion) di Shopee baik periode I dan II, sementara printer Epson dikenal dengan pelayanan pelanggan (process) yang baik di Tokopedia dan kualitas cetak (product), harga (price), serta pelayanan pelanggan (process) di Shopee baik periode I dan II. Hasil penelitian ini juga menunjukkan beberapa atribut yang mempengaruhi sentimen konsumen terhadap produk printer di Tokopedia dan Shopee. Atribut tersebut antara lain kualitas cetak (product), harga (price), promosi (promotion), keaslian printer (product), kemudahan penggunaan (product), pengiriman (place), pengemasan (product), kesesuaian deskripsi produk (physical evidence), dan pelayanan pelanggan (process). Sentimen konsumen dipengaruhi oleh pengalaman mereka dalam menggunakan produk tersebut dan interaksi dengan penjual atau layanan pelanggan. Dari hasil penelitian ini diketahui pula terdapat perbedaan atribut yang diposisikan konsumen dengan atribut dominan pada sentimen konsumen terhadap produk printer di Tokopedia dan Shopee yang disebabkan persepsi konsumen lebih berkaitan dengan karakteristik produk, sedangkan analisis sentimen lebih fokus pada evaluasi emosional yang dapat disebabkan oleh perbedaan pengalaman belanja, interaksi dengan penjual, atau karakteristik pengguna yang berbeda di masing-masing e-commerce. Analisis sentimen dapat menjadi alat yang berharga dalam memverifikasi kecocokan atribut positioning dari hasil analisis korespondensi. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan perusahaan printer berdasarkan hasil analisis positioning dan sentimen konsumen dari ulasan online di Tokopedia dan Shopee yaitu menekankan fitur dan atribut yang paling penting bagi konsumen di setiap periode dalam kampanye pemasaran, menawarkan harga yang kompetitif dan relevan dengan pasar serta mempertimbangkan penawaran promosi atau diskon dapat meningkatkan daya tarik produk, mengoptimalkan performa printer dalam hal kualitas cetak dapat memenuhi harapan konsumen, memastikan tim customer service siap memberikan solusi cepat dan memberikan pengalaman pelanggan yang positif, komunikasi pemasaran yang jelas tentang atribut produk yang diutamakan pada setiap periode dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian, memastikan keaslian produk dan pengemasan yang baik dapat membangun kepercayaan dan memberikan pengalaman positif, mempertimbangkan pengembangan program loyalitas atau insentif khusus bagi pelanggan setia yang dapat meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePositioning Produk Printer di E-commerce Tokopedia dan Shopee berdasarkan Analisis Ulasan Konsumenid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordAnalisis Korespondensiid
dc.subject.keywordAnalisis Sentimenid
dc.subject.keywordTF-IDFid
dc.subject.keywordUlasan Konsumen Onlineid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record