Show simple item record

dc.contributor.advisorBeik, Irfan Syauqi
dc.contributor.advisorAsnawi, Yudha Heryawan
dc.contributor.authorKameswari, Ika
dc.date.accessioned2023-08-23T08:08:02Z
dc.date.available2023-08-23T08:08:02Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124260
dc.description.abstractBesarnya potensi wakaf uang dan wakaf melalui uang, dan adanya gap yang besar antara potensi dan realisasi wakaf, menjadi tantangan untuk bisa mengetahui apa saja yang memengaruhi niat wakif dalam melakukan aktivitas wakaf wakaf uang dan wakaf melalui uang melalui lembaga Nazhir, dalam hal ini Badan Wakaf Indonesia lewat platform digital berkahwakaf.id. Badan Wakaf Indonesia telah meluncurkan program Wakaf Super Apps pada tanggal 10 April 2021 untuk mengembangkan ekosistem digital wakaf yang memudahkan seluruh pemangku kepentingan perwakafan dalam menunaikan ibadah wakaf. Salah satu platform Wakaf Super Apps adalah platform berkahwakaf.id. Penelitian ini memiliki 3 tujuan utama yaitu untuk (1) menganalisis perilaku wakif dalam berwakaf uang dan wakaf melalui uang; (2) menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, promosi, usia, pendidikan, pendapatan, dan jenis wakif (wakif yang telah berwakaf di berkahwakaf.id dan wakif yang belum berwakaf di berkahwakaf.id), terhadap niat berwakaf di platform berkahwakaf.id; dan (3) merekomendasi dalam bentuk implikasi manajerial terkait niat wakif dalam berwakaf melalui platform berkahwakaf.id. Untuk menganalisa data penelitian digunakan teknik regresi logistik biner untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel-variabel terhadap niat wakif dalam berwakaf uang maupun wakaf melalui uang lewat platform berkahwakaf.id. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 26. Dari hasil analisis regresi logistik biner diketahui bahwa norma subjektif, promosi, dan pendidikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat berwakaf uang dan wakaf melalui uang. Berdasarkan hal tersebut, upaya meningkatkan pertumbuhan partisipasi wakaf uang maupun wakaf melalui uang di kalangan masyarakat terutama melalui platform berkahwakaf.id, bisa dilakukan dengan meningkatkan kegiatan sosialisasi dan promosi mulai dari kalangan akademik melalui universitas, kalangan masyarakat umum dan karyawan perkantoran. Diharapkan kegiatan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan, pembentukan atau peningkatan nilai norma subjektif, yang akhirnya akan timbul kesadaran dan peningkatan niat untuk melakukan wakaf uang maupun wakaf melalui uang. Kata kunci:id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Wakif dalam Melakukan Wakaf Uang dan Wakaf melalui Uang (Studi Kasus Berkahwakaf.Id Badan Wakaf Indonesia)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordNiatid
dc.subject.keywordRegresi Logistik Binerid
dc.subject.keywordWakaf Melalui Uangid
dc.subject.keywordWakaf Uangid
dc.subject.keywordWakifid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record