Show simple item record

dc.contributor.advisorKusnadi, Nunung
dc.contributor.authorAmanda, Rina Puspasari
dc.date.accessioned2023-08-22T05:53:22Z
dc.date.available2023-08-22T05:53:22Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124177
dc.description.abstractPT BTMI merupakan produsen aneka makanan berbahan baku utama sorgum. Mengingat sorgum merupakan hasil pertanian sumber karbohidrat yang belum banyak dikenal di Indonesia, maka penting mempelajari strategi pemasaran produk sorgum yang dilakukan oleh PT BTMI. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengidentifikasi faktor-faktor strategis Segmentasi-Target-Pemosisian (STP) dan bauran pemasaran 4P menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT BTMI memproduksi sembilan jenis produk sorgum, yaitu beras, tepung, gula semut, gula cair, kecap manis, berondong sorgum (rasa original dan gochujang), dan kukis (rasa original dan dark choco almond). Analisis STP menunjukkan bahwa PT BTMI mengunggulkan segmentasi pasar konsumen, pasar komunitas, dan pasar bisnis dengan klaim makanan sehat. Pasar diposisikan berdasarkan keunggulan harga produk yang relatif murah dan produk merek sendiri. Analisis bauran pemasaran menunjukkan bahwa PT BTMI menekankan pada keunikan produk dengan menciptakan makanan berbahan baku sorgum yang unik, kecuali kecap manis dan gula cair. Bauran promosi juga berperan penting untuk mengenalkan produk sorgum di pasar, sehingga biaya promosi yang dikeluarkan cukup besar.id
dc.description.abstractPT BTMI is a producer of various foods made from sorghum as the main raw material. Given that sorghum is a carbohydrate-rich agricultural product that is not widely known in Indonesia, it is important to study the marketing strategy of sorghum products carried out by PT BTMI. This research aims to describe and identify Segmentation-Target-Positioning (STP) strategic factors and the 4P marketing mix using SWOT. The results showed that PT BTMI produces nine types of sorghum products, namely rice, flour, palm sugar, liquid sugar, sweet soy sauce, sorghum popcorn (original and gochujang flavor), and cookies (original and dark choco almond flavor). STP analysis shows that PT BTMI favors market segmentation in the form of consumer markets, community markets, and business markets with healthy food claims. The market is positioned based on the advantages of relatively low product prices and own-brand products. Marketing mix analysis shows that PT BTMI emphasizes product uniqueness by creating unique sorghum-based foods, except for sweet soy sauce and liquid sugar. The promotion mix also plays an important role in introducing sorghum products to the market, so the promotional costs incurred are quite large.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pemasaran Produk Sorgum Pada PT Banua Tani Makmur Indonesiaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBauran pemasaranid
dc.subject.keywordProduk sorgumid
dc.subject.keywordSTPid
dc.subject.keywordSWOTid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record