Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorHermadi, Irman
dc.contributor.authorCitra, Suryati Oka
dc.date.accessioned2023-08-21T15:18:23Z
dc.date.available2023-08-21T15:18:23Z
dc.date.issued2023-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124145
dc.description.abstractYouTube merupakan portal atau situs video sharing yang dimiliki oleh Google Inc. Secara global YouTube menjadi sosial media terbesar kedua, namun induk perusahaan Google yaitu Alphabet Inc mencatat terjadinya penurunan laba bersih dalam beberapa kuartal berturut-turut. Penurunan laba salah satunya disebabkan oleh kinerja kurang memuaskan bisnis periklanan di YouTube serta munculnya kompetitor platform lain seperti Tiktok. Mengetahui faktor-faktor penerimaan dan penggunaan sistem atau aplikasi dapat membantu perusahaan untuk memahami bagaimana pengguna bereaksi sehingga dapat melihat kesuksesan sistem atau aplikasi yang ditawarkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terkait model UTAUT 2 dengan penambahan variabel kepercayaan dan kepuasan dengan mengambil fokus pada YouTube. Tujuan penelitian ini (1) Menganalisis kondisi faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku pengguna YouTube di Indonesia, (2) Menganalisis pengaruh dari variabel-variabel UTAUT 2 tehadap niat dan perilaku pengguna YouTube di Indonesia, serta (3) Menganalisa efek moderasi dari usia dan jenis kelamin pengguna terhadap hubungan antar variabel. Metode penentuan sampel menggunakan insidental sampling dan penentuan jumlah sampel yang terlibat menggunakan metode Lemshow, sehingga pada penelitian ini melibatkan 200 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) – PLS. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel yang memengaruhi niat adalah kebiasaan. Sedangkan variabel harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi pendukung, motivasi hedonis dan nilai harga tidak memengaruhi. Variabel tambahan yaitu kepercayaan dan kepuasan mempunyai pengaruh signifikan terhadap niat. Variabel yang memengaruhi perilaku adalah variabel kondisi pendukung, kebiasaan dan niat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa usia dan jenis kelamin tidak menunjukkan efek moderasi terhadap niat dan perilaku. Variabel yang memberikan pengaruh tidak langsung terhadap perilaku adalah kebiasaan melalui niat, variabel kepuasan melalui niat dan kepercayaan melalui niat.id
dc.description.abstractYouTube is a portal or video-sharing site owned by Google Inc. Globally, YouTube is the second-largest social media platform, but Google's parent company, Alphabet Inc., has recorded a decline in net profit in several consecutive quarters. One of the reasons for the decline in profits was the unsatisfactory performance of the advertising business on YouTube and the emergence of other platform competitors such as Tiktok. Knowing the factors of acceptance and use of a system or application can help companies understand how users react so they can see the success of the system or application offered. This research is development research related to the UTAUT 2 model with the addition of truth and satisfaction variabels by focusing on YouTube. The purposes of this study are (1) to analyze the conditions of the factors that influence the intentions and behavior of YouTube users in Indonesia; (2) to analyze the influence of UTAUT 2 variabels on the intentions and behavior of YouTube users in Indonesia; and (3) to analyze the moderating effect of age and gender of users on the relationship between variabels. The method of determining the sample used insidental sampling, and determining the number of samples involved used the Lemshow method, so this study involved 200 respondents. Data analysis used descriptive analysis and Structural Equation Modeling (SEM)-PLS analysis. The test results prove that the variabel that influences behavioral intention is habit. While the variabels performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and price value do not affect each other, additional variabels, namely trust, and satisfaction, have a significant influence on behavioral intention. The variabels that influence user behavior are facilitating conditions, habit, and behavioral intention variabels. The results also show that age and gender do not have a moderating effect on behavioral intention and use behavior. Variables that have an indirect influence on behavior are habits through intentions, satisfaction through intentions and trust through intentions.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor-faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Pengguna Youtube di Indonesiaid
dc.title.alternativeFactors Influencing Youtube User Intentions and Behavior in Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBehavioral Intentionid
dc.subject.keywordUse behaviorid
dc.subject.keywordUTAUT 2id
dc.subject.keywordYouTubeid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record