dc.description.abstract | YouTube merupakan portal atau situs video sharing yang dimiliki oleh
Google Inc. Secara global YouTube menjadi sosial media terbesar kedua, namun
induk perusahaan Google yaitu Alphabet Inc mencatat terjadinya penurunan laba
bersih dalam beberapa kuartal berturut-turut. Penurunan laba salah satunya
disebabkan oleh kinerja kurang memuaskan bisnis periklanan di YouTube serta
munculnya kompetitor platform lain seperti Tiktok. Mengetahui faktor-faktor
penerimaan dan penggunaan sistem atau aplikasi dapat membantu perusahaan
untuk memahami bagaimana pengguna bereaksi sehingga dapat melihat kesuksesan
sistem atau aplikasi yang ditawarkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terkait model UTAUT 2
dengan penambahan variabel kepercayaan dan kepuasan dengan mengambil fokus
pada YouTube. Tujuan penelitian ini (1) Menganalisis kondisi faktor-faktor yang
memengaruhi niat dan perilaku pengguna YouTube di Indonesia, (2) Menganalisis
pengaruh dari variabel-variabel UTAUT 2 tehadap niat dan perilaku pengguna
YouTube di Indonesia, serta (3) Menganalisa efek moderasi dari usia dan jenis
kelamin pengguna terhadap hubungan antar variabel. Metode penentuan sampel
menggunakan insidental sampling dan penentuan jumlah sampel yang terlibat
menggunakan metode Lemshow, sehingga pada penelitian ini melibatkan 200
responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural
Equation Modeling (SEM) – PLS.
Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel yang memengaruhi niat
adalah kebiasaan. Sedangkan variabel harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh
sosial, kondisi pendukung, motivasi hedonis dan nilai harga tidak memengaruhi.
Variabel tambahan yaitu kepercayaan dan kepuasan mempunyai pengaruh
signifikan terhadap niat. Variabel yang memengaruhi perilaku adalah variabel
kondisi pendukung, kebiasaan dan niat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
usia dan jenis kelamin tidak menunjukkan efek moderasi terhadap niat dan perilaku.
Variabel yang memberikan pengaruh tidak langsung terhadap perilaku adalah
kebiasaan melalui niat, variabel kepuasan melalui niat dan kepercayaan melalui
niat. | id |
dc.description.abstract | YouTube is a portal or video-sharing site owned by Google Inc. Globally, YouTube is the second-largest social media platform, but Google's parent company, Alphabet Inc., has recorded a decline in net profit in several consecutive quarters. One of the reasons for the decline in profits was the unsatisfactory performance of the advertising business on YouTube and the emergence of other platform competitors such as Tiktok. Knowing the factors of acceptance and use of a system or application can help companies understand how users react so they can see the success of the system or application offered. This research is development research related to the UTAUT 2 model with the addition of truth and satisfaction variabels by focusing on YouTube. The purposes of this study are (1) to analyze the conditions of the factors that influence the intentions and behavior of YouTube users in Indonesia; (2) to analyze the influence of UTAUT 2 variabels on the intentions and behavior of YouTube users in Indonesia; and (3) to analyze the moderating effect of age and gender of users on the relationship between variabels. The method of determining the sample used insidental sampling, and determining the number of samples involved used the Lemshow method, so this study involved 200 respondents. Data analysis used descriptive analysis and Structural Equation Modeling (SEM)-PLS analysis. The test results prove that the variabel that influences behavioral intention is habit. While the variabels performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and price value do not affect each other, additional variabels, namely trust, and satisfaction, have a significant influence on behavioral intention. The variabels that influence user behavior are facilitating conditions, habit, and behavioral intention variabels. The results also show that age and gender do not have a moderating effect on behavioral intention and use behavior. Variables that have an indirect influence on behavior are habits through intentions, satisfaction through intentions and trust through intentions. | id |