Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorHermadi, Irman
dc.contributor.authorSasmita, Dini Anggun
dc.date.accessioned2023-08-21T07:08:09Z
dc.date.available2023-08-21T07:08:09Z
dc.date.issued2023-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124128
dc.description.abstractLayanan aplikasi Vidio merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh PT Surya Citra Media yang digunakan untuk menikmati konten-konten baik secara gratis maupun berbayar. Dari sisi layanan berbayar, SVoD Vidio dapat bersaing dengan layanan SVoD lainnya yang berasal dari luar negeri dengan posisi nomor 5 (lima) di bawah Netflix, Disney+ Hostar, Youtube Premium dan Viu. Walaupun menetapkan biaya berlangganan yang lebih terjangkau serta memiliki jumlah waktu pemakaian oleh konsumen terbesar pada Quartal 1 tahun 2022, namun SVoD Vidio belum bisa menggeser kedudukan dari keempat kompetitor lainnya di mata pengguna SVoD. Analisa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan pelanggan terhadap aplikasi SVoD Vidio penting dilakukan untuk membantu perusahaan agar dapat mengetahui proyeksi ke depan atas bisnis layanan SVoD Vidio. Penelitian ini mengadopsi model penerimaan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 yang dimodifikasi oleh penulis dengan menambahkan variabel eksogen konten, serta menghilangkan variabel moderator pengalaman. Fokus dari penelitian adalah layanan aplikasi SVoD Vidio atau SVoD Vidio. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) menganalisis kondisi atas faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan pelanggan terhadap layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio; (2) menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan pelanggan terhadap layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio; dan (3) merumuskan implikasi manajerial untuk layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidio agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan bisnisnya tetap dapat berkelanjutan. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel memakai metode Lemeshow dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang memenuhi kriteria. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari pengujian dapat dibuktikan bahwa terdapat 3 (tiga) variabel yang mempengaruhi niat yaitu harapan kinerja, nilai harga dan kebiasaan. Sedangkan 3 (tiga) variabel yang mempengaruhi perilaku adalah kondisi pendukung, kebiasaan dan niat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa usia dan jenis kelamin menunjukkan efek moderasi antara kebiasaan terhadap perilaku. Variabel harapan kinerja, nilai harga dan kebiasaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku melalui variabel mediasi niat.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Penerimaan dan Penggunaan Pelanggan terhadap Layanan Subscription Video on Demand (SVoD) Vidioid
dc.title.alternativeAnalysis of Customer Acceptance and Usage of Vidio's Video on Demand (SVoD) Subscription Serviceid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBehavioral Intentionid
dc.subject.keywordUse Behaviorid
dc.subject.keywordSVoD Vidioid
dc.subject.keywordUTAUT 2id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record