Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pelaku UMKM Makanan dan Minuman dalam Memiliki Sertifikat Halal di Kabupaten Bogor
Abstract
Berdasarkan UU No 33 Tahun 2014 Pemerintah mewajibkan sertifikat halal untuk makanan atau minuman yang beredar di seluruh Indonesia termasuk yang diproduksi oleh UMKM, pelaku usaha mayoritas di Indonesia. UMKM yang memiliki sertifikat halal di Indonesia hanya 1 persen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pelaku UMKM di Kabupaten Bogor dalam memiliki sertifikat halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan data primer dari 50 responden yang diwawancarai melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel branding berpengaruh positif terhadap keputusan pelaku UMKM dalam memiliki sertifikat halal. Variabel kesadaran halal, regulasi, dan fasilitas sertifikasi halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pelaku UMKM dalam memiliki sertifikat halal.
Collections
- UT - Syariah Economic [382]