Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesadaran Generasi Z terhadap Penggunaan Bank Syariah di Jawa Barat
Abstract
Hasil kajian Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (2019-2024) yang dilakukan oleh Kementerian Perencanaan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan bahwa Indonesia sedang berkonsentrasi pada pertumbuhan sektor keuangan syariah. Perbankan syariah di Indonesia saat ini sedang mengalami masalah, yaitu potensi pasar yang besar tidak diimbangi dengan pertumbuhan pangsa pasar yang besar, mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Generasi Z merupakan kelompok generasi terbesar di Indonesia terutama di Jawa Barat dengan jumlah sebesar 12,9 juta jiwa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik serta faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran generasi Z terhadap penggunaan bank syariah di Jawa Barat. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode non-probability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian bersifat kuantitatif menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dengan metode analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Pengelolaan data menggunakan Microsoft Excel dan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Z di Jawa Barat memiliki tingkat kesadaran yang baik terhadap penggunaan bank syariah yang dipengaruhi oleh tiga variabel secara signifikan, yaitu religiusitas, sistem bagi hasil dan biaya administrasi.
Collections
- UT - Syariah Economic [382]