Pengaruh Modal Sosial dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha pada Perempuan Wirausaha di Kota Bogor
Abstract
Transformasi semangat berwirausaha saat ini tidak hanya didominasi oleh laki-laki, melainkan juga oleh perempuan. Pemberdayaan perempuan wirausaha menjadi salah satu indikator terwujudnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Keberhasilan perempuan wirausaha ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain modal sosial dan orientasi kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh modal sosial dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha perempuan wirausaha di Kota Bogor. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Data yang digunakan berupa data primer melalui penyebaran kuesioner pada perempuan wirausaha dengan jumlah responden sebanyak 136 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modal sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, dan modal sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. Namun pengaruh modal sosial jika dimediasi oleh orientasi kewirausahaan menjadi positif dan signifikan terhadap kinerja usaha pada perempuan wirausaha di Kota Bogor. The transformation of the entrepreneurial spirit is currently not only dominated by men but also by women. The empowerment of women entrepreneurs is one of the indicators of the realization of sustainable development in Indonesia. The success of women entrepreneurs is determined by various factors, including social capital and entrepreneurial orientation. The purpose of this study is to analyze the influence of social capital and entrepreneurial orientation on the business performance of women entrepreneurs in Bogor City. The sample determination in this study was carried out using the convenience sampling method. The data used are primary data through distributing questionnaires to women entrepreneurs with a total of 136 respondents. The data obtained were analyzed using descriptive analysis and PLS-SEM analysis using SmartPLS 3 software. The results of this study indicate that social capital has a positive and significant effect on entrepreneurial orientation, entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on business performance, and social capital has no significant effect on business performance. However, the effect of social capital, if mediated by entrepreneurial orientation, becomes positive and significant on the business performance of women entrepreneurs in Bogor City.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]