Show simple item record

dc.contributor.advisorZulbainarni, Nimmi
dc.contributor.advisorHartoyo, Hartoyo
dc.contributor.authorYawan, Ronny
dc.date.accessioned2023-08-03T14:23:39Z
dc.date.available2023-08-03T14:23:39Z
dc.date.issued2023-08-02
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123045
dc.description.abstractEvaluasi bisnis merupakan suatu kegiatan untuk menganalisis kinerja suatu bisnis. Tujuan evaluasi bisnis adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan bisnis yang dijalankan. Yayasan Jaya Sakti Mandiri (YJM) adalah sebuah sebuah Yayasan yang didirikan oleh PT Freeport Indonesia sejak 1998 dengan fungsi sebagai lembaga sosial yang melaksanakan kegiatan usaha untuk mencapai kesejahteraan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat di area SP 9 dan SP 12 kecamatan Kuala Kencana Kabupaten Mimika Propinsi Papua. Peternakan ayam broiler adalah salah satu unit bisnis yang dilakukan oleh YJM. Di tahun 2019, kebutuhan daging ayam di Kabupaten Mimika mencapai 300 ton per bulan, dimana 91% kebutuhan ayam broiler masih di pasok dari luar Kabupaten Mimika. Sejak tahun 2015, populasi ayam broiler YJM mencapai 42.000 ekor. Namun setiap tahun mengalami penurunan jumlah populasi. Hingga tahun 2021, populasi ayam broiler YJM hanya mencapai 16.000 ekor. Hal ini diakibatkan oleh kenaikan harga input, penurunan harga jual produk dan persaingan harga produk yang membuat YJM memilih untuk menurunkan jumlah produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengevaluasi kondisi bisnis peternakan ayam broiler YJM dari aspek finansial dan aspek non finansial, (2) Merancang strategi bisnis peternakan ayam broiler yang dilakukan oleh YJM. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung dilapangan, wawancara, dan pengumpulan data operasional YJM. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder untuk mengetahui kondisi kegiatan bisnis yang dilakukan YJM baik dari aspek non finansial maupun dari aspek financial, serta strategi bisnis yang dilakukan. Analisis Non finansial menunjukan bisnis peternakan ayam broiler YJM dinilai berjalan efektif, khususnya pada aspek permintaan, produk, lokasi bisnis, peralatan dan perlengkapan produksi, bahan baku produksi hingga pada ketersediaan standard operasional dan prosedur yang telah tersedia. Analisis rasio aktivitas dan produktifitas menunjukan kinerja keuangan bisnis peternakan ayam kurang baik karena dibawah nilai rata-rata industri. Untuk mencapai kinerja keuangan yang baik, diperlukan beberapa strategi diantaranya: peningkatan skala produksi dan pemasaran, Kerjasama dengan pihak ketiga (distributor/penyalur) untuk memasarkan produk dan kerjasama dengan Pemasok bahan baku untuk meningkatkan produktifitas, memaksimalkan sumberdaya dan meminimalisasi biaya dan meningkatkan kualitas produk dan kualitas layanan pemasaran dan meningkatkan kapasitas dan tingkat disiplin tenaga kerja serta meningkatkan fungsi control terhadap kinerja karyawan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEvaluasi Bisnis dan Strategi Peternakan Ayam Broiler pada Yayasan Jaya Sakti Mandiri di Kabupaten Mimika - Papuaid
dc.title.alternativeEvaluation of Business and Broiler Farming Strategies at the Jaya Sakti Mandiri Foundation in Mimika Regency – Papuaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordStrategy Analysisid
dc.subject.keywordBroilerid
dc.subject.keywordBusiness Evaluationid
dc.subject.keywordChicken Farmid
dc.subject.keywordYJMid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record