Show simple item record

dc.contributor.authorDinaryati Hidayat, Rossy
dc.date.accessioned2010-05-05T09:36:34Z
dc.date.available2010-05-05T09:36:34Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/12288
dc.description.abstractKesinambungan pekerjaan jangka panjang dan kelestarian hidup suatu perusahaan memerlukan lebih dari sekedar sukses profit orientation semata, hal ini dikarenakan perusahaan juga memerlukan sekali adanya itikad baik, rasa simpati, pengakuan dan dukungan dari publik yang berkaitan dengannya baik publik internal maupun publik eksternal suatu perusahaan. PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor seba gai salah satu perusahaan publik yang berdiri sejak tahun 1977 tentunya sudah memiliki banyak konsumen sesuai dengan misi yang diembannya yakni memberikan kepuasan pelayanan air minum secara berkesinambungan kepada masyarakat maka PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor senantiasa berusaha meningkatkan pelayanannya. Hal ini tentunya harus didorong dengan pengelolaan internal yang baik dalam artian bahwa PDAM Tirta pakuan Kota Bogor harus me miliki karyawan yang berkualitas dan dapat diandalkan. Karyawan yang memiliki motivasi yang besar, loyalitas yang tinggi dan kinerja yang baik bagi perusahaan sehingga perusahaan dapat meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara karakteristik publik internal dengan penilaian publik internal terhadap peranan humas, (2) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara penilaian publik internal terhadap peranan humas dengan motivasi karyawan, (3) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara penilaian publik internal terhadap peranan humas dengan loyalitas karyawan, (4) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi karayawan dengan kinerjakaryawan, (5) Untuk mengetahui hubungan antara loyalitas karyawan dengan kinerja karyawan, (6) Untuk mengetahui hubungan antara penilaian publik internal terhadap peranan humas dengan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor yang dikhususkan pada divisi humas. Waktu penelitian akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga bulan Agustus 2005.Metode penentuan responden untuk penelitian ini menggunakan metode Proporsional Stratified Random Sampling. Responden diambil dari sebelas divisi yang sub divisinya memiliki jumlah personel karyawan terbanyak Selanjutnya dari jumlah total karyawan tersebut diambil 50% sebagai responden. Data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan program SPSS 11.0 dengan uji chi square dan spearman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara umur dengan penilaian publik internal terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Dimana karyawan yang muda memiliki skor penilaian yang buruk atau rendah terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sedangkan karyawan yang muda memiliki penilaian yang tinggi terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan penilaian publik internal terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Dimana karyawan berjenis kelamin laki-laki aka n memperlihatkan penilaian yang tinggi terhadap peran humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dan karyawan berjenis kelamin perempuan memperlihatkan penilaian yang rendah terhadap peran humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Terdapat hubungan antara lama jabatan dengan penilaian publik internal terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Dimana karyawan yang baru akanmemperlihatkan penilaian yang tinggi terhadap peran humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dan karyawan yang lama akan memperlihatkan penilaian yang rendah terhadap peran humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Terdapat hubungan antara unit kerja dengan penilaian publik internal terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Dimana unit kerja hukum dan kesekretariatan dan unit kerja trandist aka n memperlihatkan penilaian yang tinggi terhadap peran humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sedangkan unit kerja sumber daya manusia dan unit kerja perawatan memperlihatkan penilaian yang rendah terhadap peran humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Tidak terdapat hubungan antara penilaian publik internal terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dengan motivasi kerja karyawan. Baik karyawan yang memiliki skor penilaian publik internal yang tinggi terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor maupun karyawan yang memiliki skor penilaian yang rendah terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sama -sama memiliki motivasi kerja yang tinggi. Hal ini dikarenakan motivasi karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya lebih disokong oleh unit kerja sumber daya manusia yang lebih banyak bersentuhan dengan kebutuhan, permasalahan dan solusinya, sehingga tidak ada hubungannya dengan unit kerja humas. Tidak terdapat hubungan antara penilaian publik internal terhadap peranan humas dengan loyalitas kerja karya wan. Baik karyawan yang memiliki skor penilaian publik internal yang tinggi terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor maupun yang memiliki skor penilaian yang rendah terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sama-sama memiliki loyalitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan loyalitaskaryawan lebih dipengaruhi oleh dedikasi terhadap perusahaan, perasaan memiliki, perasaan terbuka terhadap kritik dan saran dan berbagai indikator loyalitas lainnya. Semua hal yang berkaitan dengan loyalitas karyawan tersebut dipupuk oleh unit kerja sumber daya manusia yang bersentuhan langsung dengan karyawan, sehingga tidak ada hubungannya dengan unit kerja humas. Tidak terdapat hubungan antara motivasi dan kinerja karyawan.Baik karyawan yang memiliki kinerja ya ng rendah maupun kinerja yang tinggi yang tinggi terhadap perusahaan sama-sama memiliki motivasi yang tinggi. Terdapat hubungan antara loyalitas dan kinerja karyawan. Semakin tinggi loyalitas maka akan semakin tinggi pula kinerja karyawan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Tidak terdapat hubungan antara penilaian publik internal terhadap peranan humas dengan kinerja karyawan. Baik karyawan yang memiliki skor penilaian publik internal yang tinggi terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor maupun ya ng memiliki skor penilaian yang rendah terhadap peranan humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sama-sama memiliki kinerja yang tinggi.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titlePenilaian Publik Internal Terhadap Peran Humasid
dc.title.alternative(Studi Kasus Terhadap Pdam Tirta Pakuan Kota Bogor)id
dc.typeThesisid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record