Show simple item record

dc.contributor.advisorRosiana, Nia
dc.contributor.authorAryani, Fuji
dc.date.accessioned2023-07-28T03:32:26Z
dc.date.available2023-07-28T03:32:26Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122751
dc.description.abstractProduksi ikan laut di PPN Palabuhanratu mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Rata-rata harga ikan tingkat produsen di PPN Palabuhanratu umumnya masih rendah, ditambah ikan termasuk komoditas yang mudah rusak (perishable). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan tangkap di PPN Palabuhanratu, khususnya jenis ikan tuna madidihang. Metode yang digunakan yaitu metode purposive sampling, metode accidental sampling dan metode snowball sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I (nelayan-pedagang besar-konsumen), saluran pemasaran II (nelayan-pedagang besar-pedagang lapak-konsumen), saluran pemasaran III (nelayan-pedagang lapak-konsumen) dan saluran pemasaran IV (nelayan-pedagang lapak-pedagang bermotor-konsumen). Saluran pemasaran III (nelayan-pedagang lapak-konsumen) merupakan saluran pemasaran yang relatif efisien dibandingkan dengan saluran lainnya, karena memiliki nilai margin terkecil sebesar Rp. 13.439, nilai farmer’s share tertinggi sebesar 65,52 persen dan nilai π/c sebesar 16,30.id
dc.description.abstractProduction of sea fish in PPN Palabuhanratu fluctuates every year. The average price of fish in PPN Palabuhanratu is generally still low and fish is a perishable commodity. This study aims to analyze the marketing efficiency of catching fish in PPN Palabuhanratu, especially the type of madidihang tuna. The methods used are purposive sampling method, accidental sampling method and snowball sampling method. The types of data used are primary and secondary data. The data analysis methods used are marketing margin, farmer's share, and profit to cost ratio. The results showed that there are four marketing channels, there are marketing channel I (fishermen-wholesalers-consumers), marketing channel II (fishermen-wholesalers-stall traders-consumers), marketing channel III (fishermen-stall traders-consumers) and marketing channel IV (fishermen-stall traders-motorized traders-consumers). Marketing channel III (fisherman-stall merchant-consumer) is a relatively efficient marketing channel compared to other channels, because it has the smallest margin value of Rp. 13,439, the highest farmer's share value of 65,52 percent and the value of profit to cost ratio of 16,30.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfisiensi Pemasaran Ikan Tangkap di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordefficientid
dc.subject.keywordfluctuationid
dc.subject.keywordpriceid
dc.subject.keywordmarketingid
dc.subject.keywordproductionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record