View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Estimasi Nilai Kerugian Ekonomi Food Waste Kantin dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Consumption Behavior Mahasiswa (Studi Kasus: IPB dan Universitas Pakuan Bogor)

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (464.5Kb)
      Fullteks (1.137Mb)
      Lampiran (572.4Kb)
      Date
      2023
      Author
      Haryono, Selyvia Mercynda
      Syaukat, Yusman
      Raswatie, Fitria Dewi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sampah makanan atau food waste dapat menimbulkan banyak kerugian, salah satunya pada bidang ekonomi yaitu hilangnya sejumlah rupiah. Tingginya aktivitas konsumsi di kantin kampus menjadi potensi dihasilkannya sampah sisa makanan. Oleh karena itu, penelitian ini betujuan untuk: (1) mengestimasi jumlah sampah sisa makanan dan nilai kerugian ekonomi yang berasal dari konsumsi mahasiswa di IPB dan Universitas Pakuan Bogor; (2) menganalisis persepsi dan perilaku konsumen mahasiswa di IPB dan Universitas Pakuan Bogor dalam membuang sampah makanan; dan (3) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi consumption behavior mahasiswa di IPB dan Universitas Pakuan Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan panduan SNI 19-3964-1994, skala Likert, skala Differensial Semantik dan Stuctural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan: (1) total jumlah sampah sisa makanan rata-rata adalah 2, 073 kg per bulan per kantin dan nilai kerugian dari pemborosan pangan di kantin universitas rata-rata adalah sebesar Rp 899.860 per bulan per kantin; (2) persepsi dan perilaku konsumen merupakan faktor perbedaan individu dan faktor psikologis, dimana hal tersebut termasuk ke dalam faktor utama yang memengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen; dan (3) faktor lingkungan yang memiliki pengaruh paling besar adalah consumption norms.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122636
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2339]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository