Show simple item record

dc.contributor.advisorHadiyanto
dc.contributor.authorKamajaya, I Nyoman Arta
dc.date.accessioned2023-07-24T15:28:54Z
dc.date.available2023-07-24T15:28:54Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122549
dc.description.abstractPermasalahan lingkungan yang memerlukan perhatian masyarakat luas membuat penggiat lingkungan memanfaatkan media sosial untuk mengkampanyekan berbagai program dan kegiatan yang akan dilakukan. Pemanfaatan media sosial Instagram untuk kampanye juga dilakukan oleh @bogormengabdi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan pesan @bogormengabdi melalui media sosial instagram, serta menganalisis hubungan antara terpaan media sosial dengan keefektifan pesan dan menganalisis hubungan karakteristik pesan kampanye dengan keefektifan pesan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model AISAS. Metode penelitian yang digunakan adalah survey menggunakan instrumen kuesioner yang disebar secara online melalui Google Form yang disebarkan kepada 105 responden sebagai pengikut akun @bogormengabdi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pesan pembagian 1000 kantong ramah lingkungan efektif pada tahap attention dan interest. Hubungan sangat nyata ditemukan antara frekuensi mengakses akun @bogormengabdi dengan efektivitas kampanye pada variabel terpaan media sosial. Hubungan nyata ditemukan antara durasi mengakses akun dengan efektivitas pesan pada tahap attention, interest dan share. Selain itu, terdapat hubungan sangat nyata antara indikator karakteristik pesan dengan efektivitas pesan.id
dc.description.abstractEnvironmental problems that require the attention of the wider community have made environmental activists use social media to campaign for various programs and activities will be carried out. The use of Instagram social media for campaigns is also carried out by @bogormengabdi. This study aims to identify the effectiveness of @bogormengabdi's messages through Instagram social media, as well as analyze the relationship between social media exposure and message effectiveness and analyze the relationship between campaign message characteristics and message effectiveness. The model used in this study is the AISAS model. The research method used was a survey using a questionnaire instrument which was distributed online via the Google Form which was distributed to 105 respondents as followers of the @bogormengabdi account. The results showed that the effectiveness of the message for distributing 1000 eco-friendly bags was effective at the attention and interest stages. A very significant relationship was found between the frequency of accessing the @bogormengabdi account and campaign effectiveness on social media exposure variables. A real relationship was found between the duration of accessing and message effectiveness at the attention, interest and share stages. In addition, there is a very real relationship between the post characteristic indicators and message effectiveness.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfektivitas Pesan Pembagian 1000 Kantong Ramah Lingkungan Melalui Media Sosial Instagram @bogormengabdiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordinstagramid
dc.subject.keywordpesanid
dc.subject.keywordmodel aisasid
dc.subject.keywordAISAS modelid
dc.subject.keywordinstagramid
dc.subject.keywordmessageid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record